Breaking News:

Bisa Urus KTP Lewat WhatsApp di Kabupaten Tangerang, Catat Nomornya

Masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukannya untuk dua atau tiga pekan ke depan

WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
ANTREAN - Antrean pembuatan dokumen kependudukan di Tangerang membeludak. 

TRIBUNBANTEN.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang bisa melayani masyarakat lewat aplikasi WhatsApp dan pesan instan (SMS).

Petugas tetap melayani masyarakat yang betul-betul membutuhkan dokumen kependudukan, seperti untuk mengurus BPJS Kesehatan.

Pengurusan lewat aplikasi itu juga untuk menghidari adanya antrean.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang Safrudin mengatakan masyarakat bisa menghubungi nomor ponsel 0813 1831 9931 dengan jam pendaftaran pelayanan dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00.

"Kami berharap masyarakat menunda sampai virus corona Covid-19 ini mereda. Tapi kami akan tetap melayani warga yang dalam keadaan darurat," ujar Safrudin.

Pada Rabu (18/3/2020), kantor Disdukcapil Kabupaten Tangerang dipenuhi warga untuk pembuatan kartu tanda penduduk, kartu keluarga, kartu identitas anak, dan akta kelahiran. 

Safrudin mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat imbauan untuk sementara mengurus Adminduk ditunda, yang tertuang dalam Surat Edaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nomor 470/324-DKPS tanggal 17 Maret 2020.

Imbauan itu menindaklanjuti surat Bupati Tangerang Nomor 443.2/1015-. um/111/2020 tanggal 15 Maret 2020 antisipasi penyebaran Covid-19 dan sesuai dengan arahan Direktur Jenderal kependudukan dan pencatatan sipil Kemendagri RI.

"Masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukannya untuk dua atau tiga pekan ke depan. Sampai dengan kondisi virus ini dapat ditanggulangi secara menyeluruh, baik di regional Kabupaten Tangerang maupun skala nasional," ucap Safrudin.

Setiap hari Disdukcapil Kabupaten Tangerang tetap menjalankan tugas pelayanan administrasi kependudukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang Hedi Mochamad Hartadi mengatakan pelayanan administrasi kependudukan, seperti KTP Elektronik, kartu identitas anak, akta kematian, dan akta kelahiran dihentikan sementara, kecuali untuk keperluan mendesak. 

"Pelayanan akan dilayani melalui WhastApp atau melalui SMS ke nomor yang sudah disiapkan. Diharapkan masyarakat untuk tidak datang langsung, ini semua menjaga pencegahan penyebaran corona," kata Hadi.

 
Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Pembuatan Dokumen Kependudukan di Tangerang Membeludak, Disdukcapil Buka Layanan WhatsApp

Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved