Breaking News:

Virus Corona

Ini Instruksi Gubernur Banten Wahidin Halim kepada Seluruh Bupati Lawan Corona

Permintaan itu terlampir dalam Surat Edaran Gubernur Banten Nomor 440/876-BPPMD/2020 tentang Penanggulangan Covid-19 di Desa yang ditujukan untuk selu

Warta Kota/Andika Panduwinata
Gubernur Banten Wahidin Halim didampingi Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, saat konferensi pers di Pendopo Bupati Tangerang, Minggu (15/3/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Gubenur Banten Wahidin Halim meminta kepada seluruh bupati agar mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk menangani penyebaran virus corona di tingkat desa.

Permintaan itu terlampir dalam Surat Edaran Gubernur Banten Nomor 440/876-BPPMD/2020 tentang Penanggulangan Covid-19 di Desa yang ditujukan untuk seluruh bupati se-Provinsi Banten.

"Para bupati memfasilitasi pemerintah desa agar mengalokasikan dukungan pendanaan melalui APBDes Perubahan Tahun Anggaran 2020 untuk penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Wahidin dalam keterangan resmi yang diterima Tribun Banten.com, Rabu (15/4/2020).

Namun, Wahidin tak merinci besaran jumlah anggaran yang dialokasikan untuk penanganan virus corona di tingkat desa tersebut.

Dalam surat itu, pihaknya hanya meminta seluruh bupati se-wilayah Banten melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tingkat desa.

Lewat surat edaran itu, Wahidin menginstruksikan agar bupati menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk diberikan kepada kelompok masyarakat yang terdampak corona secara ekonomi.

Kelompok masyarakat itu adalah balita, warga yang tengah sakit, dan rentan sakit.

Ia juga meminta agar seluruh bupati dapat membangun infrastruktur dan sarana penanganan Covid-19 di tingkat desa, seperti tempat isolasi, penyemprotan disinfektan, kebutuhan logistik, hingga penjagaan ketat untuk arus masuk warga ke desa.

"Melakukan penyemprotan disinfektan dan penyediaan cairan pembersih tangan di ruang publik yang ada di desa," katanya Wahidin.

Menurut Wahidin, APBDes juga dialokasikan untuk menyiapkan sejumlah paket bantuan yang diberikan kepada warga yang dikarantina.

Halaman
12
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved