Breaking News:

Ini Besaran Bantuan Jaring Pengaman Sosial dari Pemprov Banten

penyaluran bantuan dilakukan secara bertahap dan diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat

Ini Besaran Bantuan Jaring Pengaman Sosial dari Pemprov Banten
Istimewa
Penyaluran JPS dari Pemprov Banten kepada masyarakat terdampak Covid-19.

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memulai menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat Banten yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini.

Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang dikucurkan Pemprov Banten hampir setengah triliun rupiah.

Penyaluran bantuan JPS telah berjalan mulai Selasa, (21/4/2020) kemarin.

Wilayah bantuan pertama kali didistribusikan adalah Tangerang.

Penyaluran bantuan yang diberikan oleh Pemprov Banten diutamakan bagi masyarakat Banten yang rentan terdampak risiko sosial akibat Covid-19 ini.

Selanjutnya, penyaluran bantuan kepada masyarakat akan dilakukan secara bertahap dan diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat saat bulan suci Ramadan 1441 Hijriah.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan penyaluran bantuan kepada masyarakat tidak lain sebagai bentuk upaya percepatan yang dilakukan Pemprov Banten dalam hal ini pencegahan dampak risiko sosial Covid-19.

Selain itu, juga tingginya kebutuhan masyarakat menjelang bulan suci Ramadan.

Pemprov Banten melakukan percepatan penyaluran JPS melalui bank-bank yang telah bekerja sama, yakni BJB, BJB Syariah, BRI, dan Bank Banten.

“Untuk bantuan yang kami salurkan, mudah-mudahan bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa,” ucap Wahidin melalui rilis, Rabu (22/4/2020).

Ia juga menjelaskan, penyaluran bantuan JPS Provinsi Banten ini dilakukan melalui tahapan Burekol (Bukan Rekening Kolektif) bagi seluruh penerima manfaat.

Data dimasukkan ke pihak bank penyalur data penerima manfaat untuk dibukakan rekening secara kolektif ke 75.735 rekening yang berasal dari Kota Tangerang sebanyak 63.535 burekol, dan Kota Tangerang Selatan sebanyak 12.200 burekol.

“Pembukaan rekening secara kolektif akan mengalami lonjakan pada 23 April 2020, karena menurut pihak bank penyalur pada tanggal tersebut akan selesai pembukaan rekening kurang lebih sekitar 100.000 nomor rekening, yang akan langsung dipindahbukukan dananya ke rekening penerima manfaat.” kata gubernur.

Sampai saat ini, daerah yang telah mendapatkan bantuan adalah Tangerang Raya dengan jumlah yang tervalidasi kabupaten/kota sebanyak 258.174 KK dan nominal besarannya Rp 600 ribu per KK dan penerima manfaat wilayah lainnya sebesar Rp 500 ribu per KK

Adapun untuk Tangerang Selatan dengan nominal yang diberikan Rp 600 ribu per KK dan penerima manfaat wilayah lainnya sebesar Rp 500 ribu per KK dengan total penerima JPS sebanyak 22.258 keluarga. (tribuners/martin ronaldo)

Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved