Breaking News:

Jangan Sampai Penyebaran Foto Bugil Terulang, Orang Tua Diimbau Awasi Anak di Medsos

setelah menerima kiriman foto bugil tersebut pelaku menyebarkan foto tersebut melalui messenger ke akun Facebook

Kompas.coom/Firmansyah
Pelaku penyebar foto bugil remaja putri diringkus Polres Bengkulu Utara 

TRIBUNBANTEN.COM - Anggota Polres Bengkulu Utara menangkap seorang pemuda berinisial YS (21) karena menyebarkan foto bugil seorag gadis ABG berusia 15 tahun ke sejumlah jejaring sosial.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno mengingatkan orang tua dan masyarakat rawannya pergaulan bebas generasi muda, terutama di media sosial.

Dia mengimbau kepada para orang tua untuk terus mengawasi aktivitas anaknya di media sosial, jangan sampai kejadian foto bugil ABG ini berulang.

"Ini merupakan peringatan buat semua masyarakat dan orang tua agar mengawasi aktivitas anak-anaknya dalam pergaulan, termasuk pergaulan di dunia maya atau media sosial," kata Sudarno dalam rilisnya kepada Kompas.com, Kamis (11/6/2020).

Menurut Sudarno, YS ditangkap setelah jajaran Polres Bengkulu Utara mendapat laporan dari orang tua korban.

Kejadiannya berawal pada 6 April 2020, korban mengirimkan sejumlah foto bugil gadis ABG kepada pelaku melewati akun Facebook yang dimiliki pelaku dan korban.

"Selanjutnya, setelah menerima kiriman foto bugil tersebut pelaku menyebarkan foto tersebut melalui messenger ke akun Facebook lainnya. Sebaran foto tersebut akhirnya diterima oleh orang tua korban," ucap Sudarno.

“Tak terima, kemudian orang tua korban melaporkan kejadian yang menimpa anaknya tersebut ke Polres Bengkulu Utara. Pada 29 Mei 2020 tersangka dapat ditangkap tanpa melakukan perlawanan," ujarnya.

Bersama dengan tersangka, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 1 unit ponsel yang digunakan pelaku menyebarkan foto bugil gadis ABG tersebut.

Petugas juga masih melakukan penyidikan guna mengetahui lebih jauh motif pelaku menyebarkan foto tersebut.

Tersangka dapat disangkakan Pasal 27 Ayat (1) Jo Pasal 45 Ayat (1) Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan dengan ancaman penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebar Foto Bugil Gadis ABG di Facebook, Seorang Pemuda Ditangkap Polisi"

Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved