Nasib Bank Banten

Berubah Pikiran, PDIP DPRD Banten Tunda Interpelasi Wahidin Halim

Mereka berdalih penundaan untuk memberikan kesempatan kepada gubernur Wahidin Halim memberikan penjelasan ke DPRD dan melihat penyelematan Bank Banten

net
Bank Banten 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Fraksi PDIP DPRD Banten berubah pikiran untuk mengajukan hak interpelasi atau meminta keterangan Gubernur Banten Wahidin Halim soal kebijakan pemindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank Banten ke Bank Bjb dan rencana merger kedua bank.

Mereka berdalih penundaan untuk memberikan kesempatan kepada gubernur Wahidin Halim memberikan penjelasan ke DPRD dan melihat tindak lanjut penyelematan Bank Banten.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banten, Muchlis menyebut penundaan interpelasi dilakukan setelah ada pembahasan internal dengan pimpinan parpol di tingkat DPD atau provinsi.

"Sikap penundaan/penangguhan ini diambil sebagai bentuk apresiasi sekaligus pemberian ruang, waktu, dan kesempatan kepada Pemerintah Provinsi Banten yang telah menunjukkan itikad baik untuk menyusun, dan menjalankan Rencana Aksi dan Tindak Lanjut (RATL) penyehatan Bank Banten," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banten melalui keterangan tertulis, Minggu, (21/6/2020).

"Tanpa sedikitpun mengabaikan prinsip dan esensi fungsi, tugas, dan wewenang pengawasan sebagai anggota DPRD Provinsi Banten yang melekat dan mengikat berdasarkan peraturan perundang-undangan," sambungnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua Fraksi Nasdem-PSI DPRD Provinsi Banten, Maretta Dian Arthanti mengatakan penundaan pengajuan interpelasi ini bukan berarti pihak DPRD Banten lepas tangan.

Menurutnya, itu semata karena DPRD Banten masih menunggu tindak lanjut atau langkah konkret gubernur Wahidin Halim dalam penyelamatan dan penyehatan Bank Banten

"Tapi kita harus mencermati upaya menyehatkan Bank Banten nantinya tidak mengganggu kepentingan masyarakat lainnya yang prioritas dan dengan prinsip kehati-hatian serta akuntabel," kata dia.

"Dan Rencana Aksi Tindak Lanjut (RATL) harus dikoordinasikan kepada kami DPRD" imbuhnya.

Interpelasi Mandek, Anggota DPRD Ini Dorong Pansus Sengkarut Bank Banten

Maretta mengatakan semula sejumlah anggota DPRD Banten kompak ingin mengajukan interpelasi karena melihat dugaan penyalahgunaan dilakukan Wahidin Halim atas kebijakan pemindahan kas daerah dari Bank Banten ke Bank Bjb dan merger kedua bank, tanpa pembahasan dengan DPRD.

Halaman
123
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved