Breaking News:

11 Wilayah di Tangsel dan Kabupaten Tangerang Jadi Kampung Jawara Kendalikan Covid-19

penerapan Kampung Jawara adalah satu di antara upaya kepolisian bersama pemerintah daerah untuk menekan penyebaran Covid-19

KOMPAS.com/Tria Sutrisna
(Kanan ke kiri) Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, bersama Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dan Pangdam Jaya Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono usai peresmian Kampung Jawara di Kampung Margajaya, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Kamis (9/7/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Tujuh wilayah di Kota Tangerang Selatan dan empat wilayah di Kabupaten Tangerang dipilih menjadi lokasi program Kampung Jawara.

Sebelas wilayah yang masuk dalam Program Kampung Jawara itu untuk mengendalikan Covid-19.

Jawara adalah kepanjangan dari jaga kesehatan warga, aman, religius, dan sejahtera.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan penerapan Kampung Jawara adalah satu di antara upaya kepolisian bersama pemerintah daerah untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Yang jelas tujuannya adalah menjadikan zona merah menjadi oranye, dan oranye menjadi kuning. Kemudian zona kuning menjadi hijau dan dia yang sudah hijau kita akan pertahankan," ujar Nana di Kampung Marga Jaya, Kelurahan Pakulonan, Tangsel, Kamis (9/7/2020).

Menurut Nana, langkah konkret mewujudkan harapan itu akan dilakukan dengan cara pengawasan protokol kesehatan secara ketat di lokasi Kampung Jawara.

Mulai dari kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak fisik hingga penyedia fasilitas cuci tangan.

Di lokasi tersebut juga dibangun dapur untuk masyarakat setempat dan tempat isolasi bagi warga yang terdampak Covid-19.

Selain itu, pergerakan keluar masuk warga di wilayah tersebut juga akan dibatasi dengan penerapan sistem satu pintu.

"Setiap masyarakat yang akan masuk selalu kita minta mengecek suhu tubuh, kemudian dia harus pakai masker dan dia harus mencuci tangan," kata Nana.

Halaman
123
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved