Breaking News:

Nasib Bank Banten

Pemprov Banten Hanya Beri Suntikan Modal Rp1,5 Triliun ke Bank Banten

Pemprov Banten optimistis langkah tersebut tak mendapat penolakan DPRD Provinsi Banten.

net
Bank Banten 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pemprov Banten mengeksekusi pemberian suntikan penyertaan modal Rp1,5 triliun dari janji Rp1,9 triliun ke Bank Banten untuk penyehatan bank tersebut yang mengalami defisit modal.

Suntikan modal dilakukan melalui konversi dana kas daerah (kasda) Pemprov Banten yang ada di Bank Banten menjadi setoran modal.

Meski begitu, Pemprov Banten optimistis langkah tersebut tak mendapat penolakan DPRD Provinsi Banten.

"Konversi kasda bagian dari bentuk tahapan yang harus masuk dalam perubahan anggaran. Itu bagian dari skema penyehatan. Karena agenda pembiayaan tidak boleh keluar dari APBD," kata Sekretaris Daerah Pemprov Banten Al Muktabar di KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten, Rabu, (8/7/2020).

Muktabar mengatakan sebanyak Rp335 dari suntikan dana Rp1,5 triliun sudah termasuk penyertaan modal sebesar Rp335 miliar yang diamanatkan dalam Perda Nomor 5 Tahun 2013 tentang modal Bank Banten.

Adapun sisa Rp400 miliar dana kas daerah Pemprov Banten di Bank Banten belum bisa dikonversi menjadi setoran modal karena dana tersebut sudah terlanjur menadi alokasi anggaran sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Meski begitu, Muktamar menyebut pihaknya masih menunggu perkembangan untuk konversi anggaran OPD-OPD itu menjadi suntikan modal ke Bank Banten.

Pemprov Banten Ikuti Arahan OJK untuk Menyuntik Modal ke Bank Banten Rp 1,9 Triliun

Berubah Pikiran, PDIP DPRD Banten Tunda Interpelasi Wahidin Halim

Meski belum 100 persen memberikan suntikan dana Rp1,9 triliun ke Bank Banten.

Menurut Muktabar, keseriusan Pemprov Banten untuk segera menyuntikkan penyertaan modal ke Bank Banten telah dibuktikan telah diajukannya raperda terkait hal itu ke DPRD.

"Raperda sedang berproses. Kita upayakan bulan ini. Dan untuk finalisasi angka menunggu APBD. Kita lihat bersama sisi mana yang paling baik. Kalau melihat aturan terdahulu ada ruang Rp335 miliar, dan apakah jika disertakan bisa sehat Bank Banten, dan itu masih sulit," paparnya.

Halaman
12
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved