Breaking News:

Ombudsman Minta Bupati Lebak Perhatikan Pendidikan dan Kesehatan di Wilayah Marjinal

"Masyarakat di wilayah marjinal ini masih kesulitan untuk ke sekolah, karena tidak semua kecamatan memiliki SMA dan tidak semua desa ada SMP

Dok. Ombudsman Banten
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsan menyerahkan dokumen hasil kajian ke Bupati Lebak Iti Octavia Jaya di kantor Bupati Lebak, Banten, Rabu (8/7/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten merekomendasikan agar Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama jajaran pemkab lebih memperhatikan pelayanan dasar di wilayah marjinal.

Hasil kajian cepat (rapid assesment) Ombudsman Banten menunjukan pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, dari pemkab ke wilayah itu masih minim.

Hal itu itu disampaikan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsan dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (9/7/2020).

Dedy mengatakan kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD).

Dalam kajian itu, tim melakukan observasi langsung ke lapangan di Desa Parungkujang Kecamatan Cileles, Desa Sarageni Kecamatan Cimarga, Desa Kadurahayu Kecamatan Bojongmanik dan Desa Wantisari Kecamatan Leuwidamar.

"Masyarakat di wilayah marjinal ini masih kesulitan untuk ke sekolah, karena tidak semua kecamatan memiliki SMA dan tidak semua desa ada SMP karena letaknya di pusat kecamatan," kata Dedy.

"Sedangkan jarak untuk mencapainya cukup jauh tidak ada transportasi dan jalanan dalam keadaan rusak parah, " sambungnya.

BREAKING NEWS: Lebak Banten Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

Pelayanan dasar publik di sektor kesehatan juga terbilang masih kurang.

Puskesmas hanya berada di pusat kecamatan dan Puskesdes hanya beberapa yang beroperasi di desa-desa karena minimnya tenaga kesehatan.

Ombudsman memberikan sejumlah saran terkait masalah itu ke Bupati Lebak dan Pemkab Lebak.

Halaman
12
Penulis: Abdul Qodir
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved