Breaking News:

50 Titik Marka Jaga Jarak di Banten Seperti Garis Star MotoGP

Kalau marka jalan penuh, silakan pengendara untuk mengatur jarak minimal satu meter dengan pengendara lainnya

KOMPAS.com/RASYID RIDHO
Petugas Ditlantas Polda Banten saat membuat marka jaga jarak di traffic light Cipocok, Kota Serang. 

TRIBUNBANTEN.COM - Direktorat Lalu Lintas Polda Banten dan Polres jajaran membuat marka jalan physical distancing bagi pengguna kendaraan roda dua.

Total sudah 50 titik marka physical distancing atau jaga jarak dibuat tersebar di enam kabupaten dan kota.

Pembuatan marka seperti garis star di Moto GP itu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo mengatakan pembuatan marka dalam rangka Operasi Patuh Kalimaya 2020 pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Satu di antara programnya adalah membuat marka jalan untuk memberikan ruang atau jarak pengendara motor selama menunggu di traffic light (TL).

"Pembuatan marka jalan untuk kendaraan roda dua dalam rangka persiapan Ops Patuh Kalimaya 2020, sekaligus untuk mendisiplinkan masyarakat saat berkendara," ujar Rudy Purnomo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/7/2020).

Rudi meminta kepada pengguna sepeda motor agar menaati aturan selama pandemi Covid-19, dan secara mandiri juga mengatur jarak kendaraan di TL, meskipun tidak ada petugas.

"Kalau terlalu dekat jarak antara satu dengan yang lain kan rawan kecelakaan juga," kata Rudi.

Beberapa hari ini, petugas dari kepolisan dan Dishub akan disiagakan untuk membiasakan para pengendara roda dua memanfaatkan marka jaga jarak itu.

"Kalau marka jalan penuh, silakan pengendara untuk mengatur jarak minimal satu meter dengan pengendara lainnya," ucapnya.

Kasubdit Kamsel Kompol Juaningsih mengatakan pembuatan marka physical distancing sudah dilakukan oleh Polres jajaran dengan total 50 titik.

Titiknya tersebar di wilayah hukum Banten seperti Polres Serang Kota, Cilegon, Pandeglang, Lebak, dan Kabupaten Tangerang.

Dia menargetkan seluruh traffic light di Banten akan ada marka jaga jarak, hal itu dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Untuk Polda ada tiga titik di TL Cipocok, TL Cikutuk dan TL Parung Kota Serang. Namun, semua polres juga sudah ada 50 titik dibuatkan marka," kata Juaningsih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Banten, Jarak Antar-pemotor 1 Meter di "Traffic Light" untuk Cegah Covid-19"

Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved