Breaking News:

Asa Anak dari 10 Kampung di SD Calung

Untuk murid kelas 1 atau siswa baru saja mencapai 300 orang sehingga pihak sekolah membagi waktu belajar mereka dalam dua shift, yakni pagi dan siang.

Tribuners/Martin Ronaldo Pakpahan
SD Negeri Calung di Kampung Pasirwadas, Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Senin (27/7/2020). Sekolah itu menjadi satu-satunya SD untuk anak-anak yang berasal dari 10 kampung sekitar. 

TRIBUNBANTEN.COM, KAB SERANG - Lima tahun lebih Sekolah Dasar Negeri Calung menjadi tempat penyangga sekaligus secercah harapan bagi anak-anak sepuluh kampung yang berada di Kampung Pasirwadas, Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten.

Saat mengunjungi wilayah itu pada Senin (27/7/2020), SD Calung merupakan satu-satunya sekolah yang berada di Desa Pancanegara.

Bangunan sekolah satu lantai itu terlihat masih terlihat rapi dan bersih. Hanya ada perbaikan pada gerbang sekolah karena telah keropos dan rusak.

Seperti bangunan SD umumnya, dinding kelas terpasang sejumlah foto pahlawan nasional dan kalimat bijak dan penyemangat.

Muka bangunan sekolah langsung berhadapan dengan beberapa rumah warga yang tampak sepi.

Namun, terpantau tidak ada murid maupun guru melakukan kegiatan belajar-mengajar di SD itu mengingat masih adanya pandemi Covid-19.

Bangunan SD Calung berdekatan dengan pondok pesantren Salafi.

Pengasuh ponpes tersebut, H Suki (40) mengatakan SD Calung menjadi satu-satunya sekolah bagi anak-anak dari 10 kampung di Desa Pancanegara.

Sepuluh kampung itu yakni, Kampung Karang Jae, kampung Pasir Pule, Kampung Sukamaju, Kampung Calung Atas, Kampung Calung tengah, Kampung Calung Bawah, Kampung Sinar Pancuran, Kampung Ranji, Kampung Tongleng dan kampung Pasir Wades.

Sementara, sekitar 80 persen profesi orang tua murid di SD itu merupakan petani.

Halaman
123
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved