Breaking News:

Ratusan Petani Deli Serdang Jalan Kaki 41 Hari Demi Cari Keadilan ke Jokowi

Oleh sebab itu, ia berharap aksi jalan kaki 18.13 Km oleh para petani dapat menggugah hati Presiden Jokowi

Martin Ronaldo/Tribunners
Ratusan petani asal Deli Serdang, Sumatera Utara, melakukan aksi jalan kaki menuju Jakarta melewati Kota Serang, Banten, Selasa (4/8/2020). Mereka hendak menemui Presiden Joko Widodo guna menyampaikan aspirasi terkait sengketa lahan dengan PTPN II. 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Ratusan petani asal Deli Serdang Sumatera Utara yang melakukan aksi jalan kaki untuk menemui Presiden Joko Widodo, tiba di Banten pada Selasa (4/8/2020) pagi.

Sebanyak 173 petani yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB) berjalan kaki sejauh 1812 Kilometer dalam 41 hari untuk menemui dan meminta keadilan kepada Presiden Jokowi di Jakarta.

Perjalanan mereka dimulai sejak 25 Juni sampai 4 Agustus 2020.

Setiba turun dari kapal di Pelabuhan Merak Banten pada Senin (4/8/2020) malam, ratusan petani tersebut melanjutkan aksi jalan kaki melintasi Kota Cilegon dan beristirahat di Gedung Cilegon Creative Center (GCC).

Pada Selasa pagi, rombongan petani tersebut melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan berjalan kaki dan melewati Kota Serang.

Mereka sempat berorasi menyampaikan tuntutan dan meminta dukungan Pemkot Serang.

Mereka menutut keadilan kepada pemerintah pusat, khususnya Presiden Jokowi, atas lahan 854,26 hektar di Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang, yang dikuasai PT Perkebunan Nusantara II ( PTPN II).

Mereka juga meminta Presiden Jokowi untuk membubarkan PTPN II yang telah mengusai lahan tersebut.

Sebab, mereka menilai lahan tersebut menjadi hak para petani setelah pemerintah memberikannya melalui program reditribusi tanah dari negara pada tahun 1951.

Selain itu, para itu juga telah mengantongi SK pertanahan sejak tahun 1984.

Halaman
12
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved