Breaking News:

Ahok Usul Kementerian BUMN Dibubarkan, Terkejut Tata Kelola Buruk Hingga Hal Gila di Pertamina

Ahok menuturkan, tata kelola yang buruk ini juga dirasakannya langsung setelah masuk dalam lingkaran BUMN, atau setelah ditunjuk menjadi Komisaris

Twitter/@basuki_btp
Foto yang diunggah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ketika mengucapkan selamat ulang tahun ke-59 kepada Presiden Joko Widodo. 

TRIBUNBANTEN.COM - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengajukan usulan mengejutkan untuk pemerintahan Joko Widodo.

Ahok mengusulkan agar Kementerian BUMN dibubarkan.

Ahok yang juga dikenal dengan sapaan BTP menyampaikan alasan di balik usulannya itu.

Menurut dia, banyak tata kelola perusahaan negara selama ini tidak efisien.

Ahok menuturkan, tata kelola yang buruk ini juga dirasakannya langsung setelah masuk dalam lingkaran BUMN, atau setelah ditunjuk menjadi Komisaris Utama Pertamina.

Dia mengusulkan, ratusan BUMN yang ada saat ini lebih baik dikelola dengan benar-benar profesional dan jauh dari kepentingan politis.

Menurut Ahok, Indonesia bisa meniru apa yang dilakukan Pemerintah Singapura dengan membentuk Temasek.

"Harusnya Kementerian BUMN dibubarkan. Kita membangun semacam Temasek, semacam Indonesia Incorporation," ucap Ahok, dikutip dari tayangan yang diunggah akun YouTube POIN dan dilihat pada Rabu (16/9/2020).

Dia mencontohkan, di Pertamina saja, jabatan direksi ataupun komisaris sangat kental dengan lobi-lobi politis dan bagi-bagi jabatan.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua main lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian," kata Ahok.

Putusan Mahkamah Konstitusi: Wakil Menteri Dilarang Rangkap Jabatan Sebagai Komisaris di Swasta-BUMN

Pemerintah akan Hapus Premium dan Pertalite, Dirut Pertamina Beri Alasan Ini

 

Halaman
123
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved