Breaking News:

Solusi Perawatan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar

DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB selama dua minggu ke depan.

Kompas.com/istimewa
SPBU Pertamina 

TRIBUNBANTEN, JAKARTA - DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB selama dua minggu ke depan.

Tentunya ini akan kembali membuat kendaraan kesayangan juga harus berdiam selama penerapan PSBB jilid kedua.

Pertamina Sales Area Manager Retail Banten Probo Prasiddhahayu mengatakan pemilik kendaraan harus memperhatikan bahan bakar saat mobil atau sepeda motor berdiam saat PSBB.

"Mobil dan motor sering diam di rumah selama PSBB dan berpotensi tangkinya kosong, ini sangat berbahaya. Menjawab apakah bensin basi saat mobil berdiam cukup lama, sebenarnya bensin kalau digunakan tentunya tidak masalah, tapi karena terpengaruh dengan situasi penyimpanan tangki yang tidak sempurna, kendaraan yang tidak sempurna, alat penyimpanan tangki mobilnya yang tidak sempurna ini berpengaruh pada kualitas, tapi bensin basi itu tidak bisa tidak ada seperti itu," tutur Probo, Selasa (15/9/2020).

Pertamina Jual BBM Jenis Pertalite Seharga Premium di Tangerang Selatan

Di Rumah Aja, Perlu BBM atau LPG? Hubungi Pertamina Call Center 135

Untuk menjaga kualitas kendaraan dan bahan bakar tetap prima, Unit Manager Communication and CSR Pertamina MOR III wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten, Eko Kristiawan menyampaikan memanaskan mobil atau motor secara rutin perlu dilakukan.

"Panaskan kendaraan secara berkala agar kondisi aki atau baterainya terjaga. Kemudian periksa kendaraan dan bahan bakar, kami mengimbau walaupun tidak digunakan kendaraan itu bahan bakarnya harus full, agar tidak ada tersisa ruang yang bisa menyebabkan pengembunan di tangkinya," jelas Eko.

Pengembunan yang terjadi berpotensi menciptakan penurunan pada kualitas udara tangki dan kualitas bahan bakar.

"Tetapi bahan bakar tidak bisa basi. Untuk perawatan mesin, kami juga menghimbau untuk memperhatikan manual book-nya atau berkonsultasi langsung dengan mekanik resmi dari diler mobil tersebut," imbuh Eko.

Eko menambahkan, jika langkah-langkah tersebut dilakukan, dipastikan kualitas bahan bakar pada kendaraan tidak akan menurun.

"Kalau langkah-langkah tersebut diikuti dipastikan aman. Kalau mobil dipanasin setiap hari itu, saya rasa tidak akan ada masalah ya. Tapi kalau agak lama mau berdiam tangkinya diisi full agar tidak ada ruang yang bisa menyebabkan embun tadi," tambahnya.

Penulis: Lita Febriani

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Awas Kualitas BBM Menurun saat Kendaraan Berdiam Lama Selama PSBB, Ini Cara Atasinya

Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved