Breaking News:

Prakiraan Cuaca

BMKG: Waspada, Hujan Lebat Disertai Petir Hingga Es di Sejumlah Wilayah Ini, Termasuk Banten

Hujan tersebut dapat disertai petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

Editor: Abdul Qodir
scroll.in
Ilustrasi hujan lebat akibat cuaca ekstrem. 

TRIBUNBANTEN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada terhadap intensitas hujan tinggi dalam dua hari ke depan.

Hal ini menyusul adanya kejadian banjir bandang pada Senin (21/9/2020) di wilayah Kabupaten Bogor dan Sukabumi akibat hujan lebat.

BMKG melansir curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi empat jam, pada pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB yang teramati di Citeko.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menilai, hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin.

"Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat," ucap Guswanto dalam keterangannya, Selasa (22/9/2020).

Terkait kejadian tersebut, lanjut Guswanto, BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu tiga jam untuk wilayah Jawa Barat sebelum terjadinya banjir bandang.

Menurut Guswanto, potensi hujan lebat yang terjadi pada siang atau sore di wilayah Bogor tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan potensi luapan air di sekitar daerah aliran sungai Ciliwung.

"Maka dari itu kami juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi genangan akibat curah hujan tinggi ini," kata Guswanto.

Lebih lanjut Guswanto juga mengungkapkan, bahwa BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020.

"Diprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia, akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir Oktober - November 2020," ujar Guswanto.

BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Gempa Kerak Dangkal di Pulau Jawa yang Bisa Menghancurkan

BMKG: Oktober, Wilayah Lebak Bakal Diguyur Hujan Deras Disertai Petir dan Angin Kencang

 

 

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved