Breaking News:

Pemkab Serang Pastikan Program Penanganan Covid-19 Berjalan

Inspektorat Kabupaten Serang terus memberikan pendampingan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan penanganan pandemi Covid-19.

istimewa
Inspektorat Kabupaten Serang terus memberikan pendampingan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan penanganan pandemi Covid-19. 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Inspektorat Kabupaten Serang terus memberikan pendampingan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan penanganan pandemi Covid-19.

Hal itu dilakukan untuk memastikan program penanganan pandemi Covid-19 dilaksanakan sesuai dengan tujuannya atau tepat sasaran, sesuai aturan dan dapat dipertangungjawabkan.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Serang Rachmat Jaya mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini sesuai amanat kebijakan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus melakukan pendampingan pada pelaksanaan kegiatan OPD yang menyelenggarakan anggaran terkait dengan penanganan Covid-19.

“Jadi pendampingan itu juga untuk memberikan keyakinan bahwa kegiatan pelaksanaan penanganan Covid-19 yang mengunakan anggaran pemerintah, terutama yang dari APBD itu dapat dilaksanakan sesuai juga dengan tujuannya, artinya tepat sasaran kemudian juga tepat juga tujuan, sesuai juga dengan program itu sendiri,” ujarnya, dalam keterangannya, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Serang Benahi Rumah Tak Layak Huni, Kini Tinggal 4.889 Unit

Baca juga: Kini, Kabupaten Serang Zona Merah Penyebaran Covid-19

Rachmat mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ada beberapa hal yang ditangani pemerintah.

Di antaranya, berkaitan dengan bidang kesehatan yang dijalankan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit.

Kemudian, terkait bantuan sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial, dan pemulihan ekonomi yang dilaksanakan oleh beberapa OPD teknis seperti Diskoperindag, DPUPR, DPKPTB, Disnakertrans dan DKPP.

“Kami (Inspektorat) melakukan pendampingan berkaitan dengan penggunaan dana APBD yang dilaksanakan oleh OPD-OPD tersebut,” ujarnya.

Pendampingan yang dilakukan Inspektorat, bertujuan untuk memastikan bahwa program OPD untuk penanganan Covid-19 dilaksanakan sesuai aturan dan tepat sasaran.

“Pada dasarnya tugas kami Inspektorat memberikan pendampingan tentu saja pernannya sebagai quality assurance dalam rangka juga memberikan jaminan bahwa teman-teman kita di OPD melaksanakan kegiatan seiring dengan peraturan perundang-undangan,” terangnya.

Selain melakukan review perencanaan dan pendampingan, Inspektorat juga melakukan audit atas penyelenggaran kegiatan penanganan Covid-19 di OPD. Bahkan, saat ini dari OPD teksnis yang menyelenggarakan penanganan Covid-19, memminta kepada Insepektorat untuk diaudit.

Halaman
12
Editor: Glery Lazuardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved