Breaking News:

Taman Nasional Komodo vs Proyek Jurassic Park, Warga Akui Keabsahan Foto,

Foto seekor Komodo dewasa berhadapan dengan dump truk berwarna hijau viral di media sosial (medsos), beberapa hari terakhir.

Instagram @gregoriusafioma,
Seekor komodo tengah menghadang truk pembangunan Jurassic Park di Pulau Rinca. ? 

TRIBUNBANTEN.COM, LABUAN BAJO - Foto seekor Komodo dewasa berhadapan dengan dump truk berwarna hijau viral di media sosial (medsos), beberapa hari terakhir.

Foto tersebut memperlihatkan dua orang laki-laki tengah melihat Komodo yang berada di sisi kanan mobil.

Sementara itu, di atas dump truk terlihat tumpukan besi yang diikat dengan rapi.

Pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Rafael Todowela menginformasi foto tersebut diabadikan di Loh Buaya Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK).

Kehadiran kendaraan di wilayah tersebut, lanjut dia, pembangunan 'Geopark' oleh Kementerian PUPR dalam mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Rafael, foto tersebut dapat dikaitkan dengan pembangunan di era Presiden Jokowi tersebut, sebab kendaraan yang hadir di TNK mengganggu habitat Komodo.

Rafael menilai, Pembangunan tersebut dapat mengancam eksistensi Komodo sebagai hewan purbakala di TNK, karena dinilai bertentangan dengan UU Konservasi Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

"Sangat menggangu habitat Komodo, kemudian secara hukum pemerintah melanggar undang-undang tentang konservasi, bahwa yang dimaksud dengan zona pemanfaatan adalah untuk melakukan tracking, untuk memantau Komodo, bukan membangun sarana prasarana yang mengganggu ekosistem, tidak boleh ada bangunan beton, apa yang terjadi adalah membawa eksavator, dump truk yang merusak ekosistem dan komodo akan lari atau hilang karena kebisingan," tegasnya.

Baca juga: Taman Nasional Komodo vs Proyek Jurassic Park, Viral Foto Komodo Hadang Laju Truk

Baca juga: Wisata di Bendungan Cikoncang Berujung Maut, Perahu Rombongan Wisatawan Tertabrak, Tiga Tewas

Diakuinya, pembangunan tersebut dapat mengancam eksistensi Komodo, bahkan di masa yang akan datang Komodo dapat terancam punah.

Rafael menuturkan, pemerintah pun tidak transparan dalam pembangunan tersebut,hingga tidak terbuka terkait AMDAL kelayakan pembangunan.

Halaman
1234
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved