Breaking News:

Polda Banten Kerahkan 1.260 Personil Mulai Tol Tangerang hingga Pelabuhan Merak

Pelonjakan penumpang akan terjadi pada 27 Oktober dan arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 1 November mendatang.

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, MERAK - Polda Banten akan menerjunkan sebanyak 1.260 personil gabungan yang akan ditempatkan di sepanjang Tol Tangerang-Merak untuk persiapan arus mudik saat libur panjang.

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Ruddy mengatakan personil tersebut dari gabungan Polres Tangerang hingga Polres Cilegon untuk menyiasati lonjakan penumpang yang menuju pelabuhan Merak, Banten.

Pelonjakan penumpang akan terjadi pada 27 Oktober dan arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 1 November mendatang.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas disetiap tempat wisata yang berada di Anyer, Serang, Banten pada Sabtu, 31 Oktober mendatang.

"1.260 personil akan dikerahkan di sepanjang jalan Tol Tangerang-Merak yang melibatkan dari beberapa satuan polres yang ada di Banten," ujarnya saat ditemui di kantor ASDP Merak, Senin (26/10/2020).

Petugas kepolisian akan melakukan pengalihan dan penyekatan dalam proses masuk ataupun keluar penumpang yang menuju Pelabuhan Merak.

Rekayasa tersebut dilakukan untuk menguraikan tingkat kemacetan pada saat hari libur panjang Maulid Nabi.

Ruddy mengatakan Polda Banten amat sangat terbantu dengan adanya sistem tiket online yang diharapkan dapat mengurai kemacetan di jalan dan penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak.

"Apabila menumpuk di dermaga, kami akan lakukan penyekatan di flyover itu. Kami akan tunggu informasi dari dermaga, apabila sudah berkurang akan kami masukkan kendaraan penumpang," jelasnya.

Sementara itu, untuk arus wisata di Pantai Anyer dan sekitarnya, Polda Banten akan menerapkan arus kendaraan satu arah.

Nantinya apabila ditemukan terjadi kepadatan kendaraan, maka akan dilakukan penyekatan sehingga tidak terjadi penumpukan yang terlalu parah disepanjang jalan menuju Anyer.

Ruddy mengimbau kepada para masyarakat yang tetap ingin berlibur, agar tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menggunakan protokol kesehatan.

"Jadi, kalau bisa tidak terlalu penting lebih baik di rumah saja. Kalaupun terpaksa, gunakan protokol kesehatan," terangnya.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved