Breaking News:

Wakapolri Prediksi Rabu 28 Oktober Puncak Arus Keberangkatan Penumpang dari Pelabuhan Merak

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Promono memprediksi puncak arus keberangkatan penumpang dari Pelabuhan Merak, Banten akan terjadi pada Rabu (28/10/2020).

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Glery Lazuardi
KOMPAS.com/ MOH NADLIR
Suasana Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, MERAK - Wakapolri Komjen Gatot Eddy Promono memprediksi puncak arus keberangkatan penumpang dari Pelabuhan Merak, Banten akan terjadi pada, Rabu (28/10/2020).

Hal ini disampaikan pada saat Gatot mendampingi Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono dan Kapolda Banten Irjen Fiandar.

Upaya inspeksi mendadak itu dilakukan untuk memantau kesiapan menjelang libur panjang yang mulai pada Selasa malam hingga 1 November mendatang.

"Mengantisipasi kemacetan lalu lintas, mengantisipasi gangguan Kamtibmas, dan masyarakat yang ingin pulang kampung mematuhi protokol kesehatan atau tidak," ujar Komjen Pol Gatot Eddy Promono saat ditemui di Dermaga 4, Pelabuhan Merak, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: Terminal Pondok Cabe Antisipasi Lonjakan Penumpang Masa Libur Panjang, 1 Kursi 1 Penumpang

Baca juga: Libur Panjang saat Pandemi, Penumpang di Pelabuhan Merak Wajib Check In 2 Jam Sebelum Keberangkatan

Komjen Pol Gatot menerangkan hasil koordinasi dengan pihak ASDP dan Polda Banten, dapat dipastikan kesiapan jelang libur panjang menuju Pelabuhan Merak sudah memenuhi standar kesiapan yang maksimal.

Hal tersebut terlihat adanya pos penjagaan yang akan mengatur arus lalu lintas menuju Pelabuhan.
Selain itu, masyarakat sudah membeli tiket secara online dan mengurangi tingkat penumpukan.

"Kemungkinan hari ini akan mulai meningkat dan puncaknya esok hari berdasarkan data tiket yang dibeli online. Tentunya ini masih sangat dinamis, dan kami lihat tadi belum banyak masyarakat yang datang," tegasnya.

Dia menghimbau masyarakat harus tertib di jalan, sebelum pergi memastikan rumah dikunci dan yang paling utama yaitu mencegah penularan Covid-19.

Gatot menjelaskan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dan menghindari kerumunan menjadi sebuah pedoman yang harus dilakukan kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

Baca juga: BMKG: Pelayaran Merak-Bakauheni Aman Selama Libur Panjang, Ketinggian Gelombang di Bawah 1,25 Meter

Baca juga: Libur Panjang Maulid Nabi SAW, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Merak Diprediksi Meningkat

"Operasi kali ini dilakukan juga dengan menggunakan cara-cara yang preventif dan humanis dengan memberikan himbauan kepada masyarakat tanpa harus mensanksi," jelasnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved