Breaking News:

Wilayah Kemayoran, Dari Bandara Berubah Jadi Kawasan Pusat Perdagangan Internasional Indonesia

Kemayoran, Jakarta Pusat dikenal sebagai salah satu bandara di Indonesia.

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Bandara Kemayoran 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - Kemayoran, Jakarta Pusat dikenal sebagai salah satu bandara di Indonesia.

Sebelum Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dan Bandara Halim Perdanakusuma, Cililitan, beroperasi, Bandara Kemayoran lebih dahulu beroperasi.

Bandara Kemayoran menjadi pintu gerbang Indonesia dari udara, bahkan menjadi bandara internasional pertama di tanah air.

Namun, belakangan Bandara Kemayoran berhenti beroperasi. Pemerintah membuat bandara yang baru yakni di kawasan Cengkareng.

Hal ini, karena semakin padat volume penerbangan sehingga mempengaruhi keselamatan penerbangan, kebisingan, dan demi kepentingan pembangunan kota Jakarta.

 

Baca juga: Taman Kita Desa Sidamukti, Tawarkan Pesona Wisata Alam Pedesaan di Kabupaten Serang

Baca juga: Kota Serang Miliki Tempat Wisata Ala Eropa, Berlibur Tak Lagi Jauh dan Keluarkan Banyak Biaya

Bandara baru itu diberi nama Soekarno-Hatta itu mulai beroperasi pada 1985. Belakangan, Bandara Halim Perdanakusuma juga dioperasikan untuk mendukung transporasi udara.

Bersamaan dengan itu bandara Kemayoran resmi ditutup. Dengan usia pengabdian hampir 50 tahun, bandara selesai difungsikan pada 5 Juli 1985.

Lahan bekas bandara seluas 454 hektar pun diserahkan kepada Kementerian Sekretariat Negara sebagai bagian dari aset negara dan dikelola oleh Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran.

Riski Renando selaku Direktur Perencanaan dan Pembangunan PPK Kemayoran, mengatakan area Bandara Kemayoran kini menjadi kawasan bisnis.

“Semoga berbagai pengembangan dan Inovasi yang kami lakukan ini dapat mewujudkan kawasan Bandar Kemayoran sebagai Kota Baru dalam kota dan Pusat Perdagangan Internasional Indonesia berprinsip Smart City," kata dia, dalam keterangannya, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Tempat Tujuan Wisata di Anyer, Nikmati Pemandangan dan Pesona Pantai Sambolo II

Baca juga: Pantai Carita, Destinasi Favorit Wisata di Banten, Simak Gunung Anak Krakatau dari Dekat

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved