Breaking News:

Bermodal Tongsis Ajaib, Tiga Sekawan Pencuri Hp Sukses Gasak 7 Hp di Pinggir Tol, Didor Polisi

Dalam melakukan aksinya, kelompok ini menggunakan cara dan alat bantu yang unik, yakni dengan tongkat narsis atau tongsis yang biasa digunakan untuk

Tribunbanten.com/Zuhirna Wulan Dilla
Kapolsek Kelapa Dua AKP Muharram Wibisono Adipradono (kanan) dan anggota menunjukkan barang bukti kasus pencurian hp bermodus tongsis, di Mapolsek Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Sabtu (7/11/2020) dini hari. Kelompok pencuri biasa mengincar pengendara mobil yang beristirahat di tepi Tol Karawaci, Tangerang. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Zuhirna Wulan Dilla

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG - Pencurian telepon seluler atau handphone (hp) di sejumlah mobil yang tengah menepi di pinggir Tol Karawaci cukup meresahkan pengguna jalan tol.

Namun, aksi pelaku yakni IR, AN dan HR, berakhir setelah pihak Polsek Kelapa Dua Kabupaten Tangerang menangkap mereka pada Jumat kemarin.

"Mereka sering melakukan itu kepada mobil truk yang sedang istirahat. Dan benda yang jadi sasaran utamanya adalah hp," ujar Kapolsek Kelapa Dua AKP Muharram Wibisono Adipradono di Mapolsek Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Sabtu (7/11/2020) dini hari.

Dalam melakukan aksinya, kelompok ini menggunakan cara dan alat bantu yang unik, yakni dengan tongkat narsis atau tongsis yang biasa digunakan untuk meletakkan hp guna selfie jarak jauh.

Pelaku memodifikasi tongsis itu dengan alat perekat berbentuk gurita.

"Ini adalah modus yang cukup unik dengan menggunakan alat tongsis yang sudah dilengkapi dengan perekat seperti model gurita," katanya.

Selama beraksi, kawanan ini telah berhasil mencuri tujuh hp pengguna jalan tol. 

Selain ponsel yang menjadi target utamanya, pelaku juga mengincar barang berharga lain yang ada di dalam mobil korbannya.

Mereka biasa beraksi pada waktu subuh sekitar pukul 04.00 sampai 06.00 pagi atau bersamaan sejumlah pengendara menepi untuk beristirahat di tepi jalan tol yang minim penerangan.

Baca juga: Polisi Cokok Bocah yang Cerdik Curi 10 Motor di Teluknaga

Baca juga: Pelaku Pencurian Sepeda Ratusan Juta Ditangkap, Ternyata Residivis Spesialis Ranmor, Sempat Melawan

Baca juga: Polisi Dipecat Gara-gara Tak Bisa Bayar Utang ke Sesama Polisi

 

Selain telepon genggam, pelaku juga mengincar barang berharga lainnya yang ada di mobil pengendara, seperti uang dan tas.

Mereka juga membawa senjata tajam dalam melakukan aksinya.

Muharram menjelaskan anggotanya terpaksa melepaskan tembakan ke udara karena seorang pelaku sempat melarikan diri saat hendak ditangkap.

Saat penangkapan, petugas menemukan barang bukti berupa dua tongsis, dua unit hp serta senjata tajam berupa pisau kecil.

Ketiga pelaku mengaku telah menjual sebagian besar hp hasil curiannya.

Penulis: Zuhirna Wulan Dilla
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved