Breaking News:

Perairan Pulau Liwungan Pandeglang Dijadikan Tempat Transplantasi Terumbu Karang

Aparat Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Pandeglang menanam 15 transplantasi terumbu karang di perairan Pulau Liwungan Kabupaten, Pandeglang.

Penulis: Rizki Asdiarman | Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Satuan Polisi Air (Satpolair) menanam 15 transplantasi terumbu karang di perairan Pulau Liwungan Kabupaten Pandeglang, pada Selasa (10/11/2020). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Rizki Asdiarman

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Aparat Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Pandeglang menanam 15 transplantasi terumbu karang di perairan Pulau Liwungan Kabupaten Pandeglang, pada Selasa (10/11/2020).

Kasat Polair Polres Pandeglang, AKP Dwi Hari Bagio Sunarko mengatakan penanaman transplantasi terumbu karang itu dalam rangka menyambut hari jadi Satpolair ke-70 yang jatuh pada tanggal 1 Desember.

"Satpolair mengabdi menjaga keamanan laut. Khusus bagi Satpolair Pandeglang pelestarian terumbu karang wujud konkrit kado untuk negeri di hari jadi," kata dia, saat dihubungi pada Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Banten Targetkan 21 Juta Wisatawan Pada 2021

Dia menjelaskan, penanaman tersebut dilakukan berjarak sekiitar 500 meter dari dari bibir pantai.

Untuk saat ini, kata dia, penanaman serta pelestarian terumbu karang difokuskan untuk memperbaiki atau rehabilitasi terumbu karang yang rusak.

"Ekosistem terumbu karang di Pulau Liwungan Pandeglang secara terus-menerus mendapat tekanan akibat aktifitas manusia. Belum lagi Tsunami yang terjadi pada 2018 lalu, serta Alat tangkap nelayan yang mungkin bisa merusak terumbu karang,"

Disamping hal tersebut, kata dia, laju pertumbuhan masyarakat yang menuntut perkembangan wilayah kerap kurang memperhatikan kelestarian lingkungan, sehingga terjadi kerusakan pada terumbu karang.

"Untuk merehabilitasinya, kita lakukan perbaikan dengan teknik transplantasi. Dengan melakukan penanaman sekitar 15 cangkak laba-laba yang dipasang sekitar 10 meter dan dipasang berdempetan," jelasnya.

Baca juga: Negeri di Awan Tak Hanya Dongeng, Jadi Tempat Wisata Provinsi Banten, Hanya 3 Jam dari Jakarta

Pelestarian terumbu karang akan terus dilakukan pemantauan setiap satu bulan sekali.

"Kira-kira nanti kalau tumbuh dengan bagus akan kita lanjutkan untuk pengembangan dan pelestarian terumbu karang di perairan Kabupaten Pandeglang," tegasnya.

Selanjutnya, kata dia untuk saat ini yang menjadi fokus terdekat, yaitu Pulau Liwungan, Pandeglang.

"Untuk menjaga kelestariannya kami membatasi kegiatan nelayan agar tidak terlalu mendekati lokasi-lokasi terumbu karang yang terdapat banyak ikan terutama ikan hias," katanya.

Ia menilai wilayah Pulau Liwungan memiliki potensi terumbu karang serta ikan hias yang bagus.

Pulau Liwungan kerap dijadikan destinasi tempat wisata bahari seluas sekitar 46 hektarare.

Baca juga: Ada 200 Jenis Tanaman Obat Tradisional, Ini Wisata Taman Toga Terbesar di Banten

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved