Breaking News:

Musim Penghujan Tiba. Waspada Penyakit Ini, Tak Waspada Bisa Sebabkan Kematian

Memasuki musim penghujan di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, menjaga kesehatan rumah menjadi prioritas keluarga.

Editor: Glery Lazuardi
Shutterstock
Ilustrasi tikus di dalam rumah 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - Memasuki musim penghujan di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, menjaga kesehatan rumah menjadi prioritas keluarga.

Salah satu yang hewan pengerat yang membawa kuman penyebab penyakit ke rumah adalah tikus.

Hama tikus bisa menjadi ancaman kesehatan yang sangat serius, seperti pes, Leptospirosis, Murine Thypus, Scrub Thypus, Rat Bite Fever, dan Hantavirus. Pentingnya untuk mewaspadai sudut-sudut rumah yang bisa menjadi tempat sarang hewan ini.

Keberadaan tikus di dalam rumah sendiri punya tanda-tanda khusus. Menurut Pedoma Bidang Studi Pemberantasan Serangga dan Binatang Pengganggu PAK-TS, Proyek Pengembangan Sanitasi Pusat yang dikeluarkan Pukdinakes RI, tanda-tanda tersebut diantaranya:

Baca juga: Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Bekas Gigitan

Tikus biasanya meninggalkan bekas gigitan pada barang yang terbuat dari kayu, kain, kardus, dan kertas. Kenapa menggigit? Karena secara biologis, tikus memiliki gigi seri yang beradaptasi untuk mengerat dan menggigit benda-benda yang keras agar giginya selalu tajam.

Jejak Tikus

Tikus punya kebiasaan yang unik, yakni selalu menggunakan jalur yang sama saat pergi dan pulang mencari makan. Jalur tikus pun biasanya terlihat lebih kotor dan berminyak dari area lain di dalam rumah.

Bekas Gesekan

Segala benda-benda yang tersentuh tikus selalu kotor dan berminyak. Jadi jika ada benda-benda di rumah yang memiliki tanda seperti itu, Anda patut mewaspadainya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved