Breaking News:

Virus Corona

Akibat Covid-19, Total Jumlah Pengangguran di Indonesia Bisa Mencapai 13 Juta Orang

Memang kita punya tantangan, yaitu otomasi, yang menyebabkan banyak pekerjaan hilang

Dok. Humas Kementerian Ketenagakerjaan
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan arahan kepada jajaran Kepala Disnaker di Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/8/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Akibat pandemi Covid-19, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan total pengangguran diproyeksi bisa mencapai 12-13 juta orang.

Pandemi ini menambah tantangan di bidang ketenagakerjaan.

Padahal, sebelumya, kata Ida, pasar lapangan kerja di Indonesia telah dihadapkan pada disrupsi yang disebabkan otomasi di industri.

Baca juga: Kementerian Ketenagakerjaan: Bantuan Subsidi Gaji Termin Kedua Tahap II Sudah Cair

"Memang kita punya tantangan, yaitu otomasi, yang menyebabkan banyak pekerjaan hilang, dan banyak pekerjaan baru tumbuh,” ujarnya dalam Grand Opening Mega Digitalk GNIK secara virtual, Sabtu (21/11/2020).

“Sehingga kita harus melakukan transformasi dengan mengisi pekerjaan baru itu. Butuh upskilling atau reskilling itu yang sedang dilakukan pemerintah," katanya.

Menurut Ida, untuk itulah pemerintah menerbitkan Undang-Undang Cipta Kerja untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut.

Harapannya, dengan UU Cipta Kerja tidak hanya mengundang investasi baik dari dalam dan luar negeri, tetapi juga peningkatan kualitas tenaga kerja di Indonesia.

"Kalau sumber daya manusia tidak disiapkan itu tidak mengatasi masalah. Selain iklim usaha yang kondusif, tenaga kerja juga harus dibangun. Pemerintah secara paralel melakukan itu, salah satunya dengan pelatihan vokasi yang dilakukan secara masif," ucap Ida.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir, hingga Agustus 2020 ada 138 juta angkatan kerja di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 128 juta penduduk bekerja dan sebanyak 9,7 juta sisanya merupakan pengangguran.

Halaman
12
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved