Breaking News:

BP2MI: 27 Pekerja Migran Indonesia Terpapar Corona, Perusahaan Tangerang Terlibat Tempatkan Pekerja

Sebanyak 27 pekerja migran Indonesia (PMI) dilaporkan terkonfirmasi Covid-19 saat tiba di Taiwan.

Editor: Glery Lazuardi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ilustrasi Pekerja Migran 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - Sebanyak 27 pekerja migran Indonesia (PMI) dilaporkan terkonfirmasi Covid-19 saat tiba di Taiwan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani.

"BP2MI telah mengirimkan Surat Edaran kepada Perusahaan Penempatan PMI di masa penempatan adaptasi kebiasaan baru,” kata Benny dalam siaran persnya, Minggu (22/11/2020).

Baca juga: 446 Buruh Migran Sudah Dipulangkan ke Daerah Asal di Kabupaten/Kota yang Ada di Banten

Benny menyebut pihaknya juga telah melakukan sidak ke PT Graha Ayu Karsa di Tangerang yang merupakan salah satu perusahaan yang menempatkan 2 PMI terkonfirmasi Covid-19, Kamis (19/11/2020).

Sekiranya ada 5 perusahaan yang diketahui menempatkan 27 PMI terkonfirmasi Covid-19 di Taiwan itu.

Benny menyebut pihaknya juga telah melakukan sidak ke PT Sentosa Karya Aditama di Bekasi, pada Rabu (18/11/2020) yang mengirimkan 4 PMI yang dinyatakan positif Covid-19 saat tiba di Taiwan.

Adapun 3 PT lainnya yang termasuk mengirimkan PMI positif Covid-19 ke Taiwan, yaitu PT Vita Melati Indonesia, PT Ekoristi Berkarya, PT Mitra Sinergi Sukses. Ketiganya berada di Jawa Timur.

“PMI wajib melakukan tes PCR sebelum terbang ke negara penempatan. Karena pemerintah ingin memastikan anak-anak bangsa benar-benar bisa terjamin keselamatan kesehatannya," jelas Benny.

Baca juga: BP2MI Pulangkan 169.000 Pekerja Migran Asal Indonesia, Banten di Posisi 8 Penyumbang Terbesar

Kantor perwakilan pemerintahan Republic of China (Taiwan) di Indonesia (The Taipei Economic and Trade Office/TETO) mengeluarkan surat edaran untuk memperketat aturan masuknya PMI ke Taiwan.

Dimana isi surat tersebut meminta PMI wajib dilakukan tes PCR 3 hari sebelum terbang, dan akan memberhentikan proses penempatan PMI oleh 5 PT yang mengirimkan PMI terinfeksi Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved