Breaking News:

Pilkada Tangerang Selatan

Debat Pilkada Tangerang Selatan, Hak Wanita dan Disabilitas Jadi Perhatian Masing-masing Paslon

Tiga pasangan calon kepala daerah Kota Tangerang Selatan menjanjikan akan memperbanyak fasilitas untuk kaum perempuan dan penyandang disabilitas.

Penulis: Zuhirna Wulan Dilla | Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Tangkapan gambar debat publik Pilkada Tangsel yang disiarkan langsung KompasTV pada Minggu (22/11/2020). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Zuhirna Wulan Dilla

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN - Tiga pasangan calon kepala daerah Kota Tangerang Selatan menjanjikan akan memperbanyak fasilitas untuk kaum perempuan dan penyandang disabilitas.

Baca juga: Debat Pilkada Tangerang Selatan, Tiga Pasangan Calon Kepala Daerah Patuhi Protokol Kesehatan

Hal ini disampaikan di acara debat publik putaran pertama untuk pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang disiarkan secara langsung oleh Kompas TV, Minggu (22/11/2020).

Pada debat publik itu, moderator menanyakan bagaimana cara memberdayakan kaum perempuan dan disabilitas, serta tindakan apa yang akan mereka berikan dalam memfasilitasi kaum perempuan dan disabilitas agar dapat mandiri meningkatkan kompetensi.

Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan nomor urut 01, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menjawab pentingnya memberikan ruang untuk perempuan agar bisa berpartisipasi dalam pembangunan.

"Kami akan memprioritaskan akses permodalan khususnya untuk single mother (ibu tunggal) atau perempuan yang menjadi pencari nafkah utama," ujar wanita yang akrab disapa Saras ini dalam acara debat publik putaran pertama yang disiarkan di Kompas TV, Minggu (22/11/2020).

Dia akan menyediakan sekolah luar biasa untuk penyandang disabilitas di Tangerang Selatan.

"Tangsel itu satu-satunya kota di Banten yang belum memiliki sekolah luar biasa untuk anak berkebutuhan khusus, itu harus menjadi prioritas," jelasnya.

Baca juga: Debat Kandidat Pilkada Kota Tangerang Selatan pada 22 November 2020, Disiarkan Kompas TV

Sedangkan, untuk pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan nomor urut 02, Siti Nur Azizah-Ruhamaben akan memberikan akses pendidikan, kesehatan, peluang kerja serta melibatkan kaum perempuan dan disabilitas di setiap pembangunan.

"Sekolah untuk kaum disabilitas di Tangsel memang masih kurang, ini harus diperhatikan," kata Ruhamaben.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved