Breaking News:

Lebak Segera Miliki Geopark Bayah Dome dengan Six Fantastic Wisata, Proyek Digeber Mulai 2021

Six Fantastic di Geopark Bayah Dome Lebak direncanakan masuk dalam kalender wisata tahunan nasional.

Penulis: Rizki Asdiarman | Editor: Abdul Qodir
Instagram.com/ @toraya_maballoo
Destinasi wisata Negeri di Atas Awan Lebak Banten ini berada di puncak Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Rizki Asdiarman

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Dengan potensi alam yang ada, Pemerintah Kabupaten Lebak tengah mengembangkan kawasan destinasi wisata nasional berbasis potensi lokal bernama Geopark Bayah Dome Lebak.

"Dengan terus mengembangkan potensi wisata yang ada di sekitar Bayah Dome menjadi kawasan Geopark," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin saat ditemui di kantor Dinas Pariwisata di Jalan Rangkasbitung, Lebak, Kamis (26/11/2020).

Ia membeberkan ada enam objek wisata atau Six Fantastic yang akan menjadi unggulan dan terintegrasi di kawasan Geopark Bayah Dome Lebak.

Keenam destinasi objek wisata itu adalah Kasepuhan Citorek, Kebun Teh Cikuya, Badui, Pantai Sawarna, Pantai Bagedur dan Museum Multatuli.

Six Fantastic di Geopark Bayah Dome Lebak direncanakan masuk dalam kalender wisata tahunan nasional.

Imam menjelaskan, Geopark Bayah Dome Lebak dihadirkan dalam konsep Geoheritage dengan menonjolkan peninggalan sejarah dengan warisan geologi disertai pengembangan ilmu pengetahuan, konservasi, dan pembangunan perekonomian masyarakat.

"Konsep geopark itu sendiri rencananya akan lebih menonjolkan Geo Heritage yang sangat lengkap," jelasnya 

Imam menyebutkan Geopark Bayah Dome Lebak diinisiasi Pemkab Lebak sejak 2019.

"Kawasannya meliputi 12 kecamatan yaitu kecamatan Sajira, Leuwidamar, Muncang, Cipanas, Sobang, Lebak Gedong, Cibeber, Cilograng, Bayah, Panggarangan, Cihara dan Malingping," katanya. 

Baca juga: Kawasan Wisata Negeri di Atas Awan yang Sempat Viral, Begini Kondisinya Sekarang saat Pandemi

Baca juga: Cantiknya Selalu Bikin Kangen! Berikut Waktu yang Tepat untuk Berwisata ke Taman Jaya Ujung Kulon

Pesona Negeri di Atas Awan Lebak Banten di Desa Citorek Kidul yang asyik buat liburan akhir pekan.
Pesona Negeri di Atas Awan Lebak Banten di Desa Citorek Kidul yang asyik buat liburan akhir pekan. (Kompas.com/ Acep Nazmudin)

Menurutnya, 12 kecamatan tersebut memiliki pontensi wisata sekaligus ekonomi yang sangat menonjol.

"Seperti situs-situs purbakala di Citorek, Cibeber, Kabupaten Lebak hingga yang berasal dari awal abad pertengahan di Kasultanan Banten," jelasnya. 

Selain itu kata dia, kultur heritage yang mendukung dan kental di kabupaten Lebak dengan adanya kearifan lokal yang menjadi legenda di Selatan seperti masyarakat suku Baduy serta beberapa Kasepuhan Banten Kidul di Kecamatan Cibeber dan Bayah, Kabupaten Lebak di Banten Selatan.

Imam menjelaskan penyusunan master plan kawasan Geopark Bayah Dome Lebak telah dilakukan sejak awal 2020. Namun, proyek pengembangan kawasan ini baru akan dimulai pada 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved