Breaking News:

Rempah Buat Indonesia Dikenal, Potensi Pasar Hingga Asia Selatan, IGC: Warisan Harus Dilestarikan

Indonesia merupakan negara yang dikenal karena keragaman budaya, bahasa, suku bangsa, hingga kuliner yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

istimewa
Webinar Rempah dan Minuman Rempah, Potensi Pasar di Asia Selatan. 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - Indonesia merupakan negara yang dikenal karena keragaman budaya, bahasa, suku bangsa, hingga kuliner yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

Ketua Komunitas Pencinta Gastronomi Indonesia atau Indonesian Gastronomy Community (IGC), Ria Musiawan, mengatakan kekhasan ragam minuman nusantara ini biasanya diracik dari rempah-rempah yang banyak tumbuh di suatu wilayah.

"Warisan leluhur ini hendaknya dilestarikan dengan mengikuti perkembangan zaman," kata Ria, saat acara webinar Rempah dan Minuman Rempan Potensi Pasar di Asia Selatan, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Inul Daratista Buka Usaha Kuliner di Tangerang, Upaya Sediakan Lapangan Kerja Bagi yang Membutuhkan

Dia menjelaskan, setiap racikan minuman rempah mengandung cerita khas yang dibawanya.
Menurut dia, cerita tersebut turun temurun dan beberapa di antaranya tertulis di dalam manuskrip yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

Selain kekhasannya, rempah-rempah Indonesia juga sangat lekat dengan kearifan lokal Indonesia.

Cerita bahwa rempah-rempah yang dibuat minuman dan diproses secara tradisional, sangat kuat dengan cerita tentang khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

"Minuman rempah juga akrab dengan isu lingkungan karena minuman rempah dibuat dari tanaman rempah tanpa bahan artificial (pengawet) dan tanamannya sangat banyak ditemui di hutan-hutan atau bahkan pekarangan kita," ungkapnya.

Baca juga: Berawal dari Warung Kaki Lima, Pengusaha Kuliner dan Pengacara Ingatkan Kepedulian kepada Sesama

IGC merupakan komunitas non - profit pecinta makanan Indonesia ini memiliki visi untuk memajukan Indonesia khususnya di bidang pelestarian makanan dan minuman serta budaya khas Indonesia.

IGC yang diketuai Ria Musiawan, bersama WeLearn dan UN Woman, didukung oleh Kementerian Perdagangan RI dan Kedutaan Indonesia RI Islamabad-Pakistan serta Kinarya Anak Bangsa mengadakan webinar Rempah dan Minuman Rempah, Potensi Pasar di Asia Selatan.

Sementara itu, UN Woman mendukung perempuan mendapatkan akses dan kesempatan setara dalam berwirausaha.

"Objektif dari webinar ini adalah Mengingatkan kembali dan menggali ulang Minuman Rempah Nusantara sebagai potensi bangsa Indonesia untuk mengulang kejayaan rempah Indonesia di masa lalu," pungkas Rosita YS Wibawa, moderator dalam acara ini

Baca juga: Pecinta Kuliner, Kunjungi Warung Pecak Duren, Sajikan Santapan Tradisional Khas Sunda

Editor: Glery Lazuardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved