Breaking News:

Pilkada Kabupaten Serang

Debat Pilkada Kabupaten Serang, Cara Dua Paslon Bupati-Wakil Bupati Gali Potensi Sumber Daya Alam

Calon Bupati Serang nomor urut 02, Nasrul Ulum, akan mengelola potensi sumber daya alam (SDA) yang berada di Kabupaten Serang.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Glery Lazuardi
Tangkapan layar Youtube
Debat publik ketiga Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang Pilkada Kabupaten Serang 2020 digelar KPU dan disiarkan Kompas TV pada Rabu (2/12/2020) malam.  

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Calon Bupati Serang nomor urut 02, Nasrul Ulum, akan mengelola potensi sumber daya alam (SDA) yang berada di Kabupaten Serang.

Menurut dia, upaya pengelolaan SDA dilakukan dengan cara Agromina Wisata untuk meningkatkan tingkat pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Serang.

"Kami akan mengembangkan terminal wisata dengan penataan Agromina Wisata dan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi untuk pengembangan Agromina Wisata," jelasnya saat debat publik di Kompas TV, Rabu (2/12/2020).

Baca juga: KPU Kabupaten Serang Targetkan Distribusi Logistik Pilkada Rampung H-1 Pemungutan Suara

Dia menjelaskan, pihaknya akan menata ulang sektor-sektor strategis, seperti di bidang pertanian, kelautan, dan periwisata.

Nantinya, kata dia, melalui pengelolaan itu, Kabupaten Serang akan menjadi daerah agropolitan, minopolitan, dan pariwisata berkemajuan.

Agromina Wisata yang akan dibangun, kata dia, akan berbasis digital sebagai langkah inovasi baru yang ada di Kabupaten Serang

Pengelolaan Agromina Wisata, dia melanjutkan, akan dibuat di desa dan melibatkan gabungan desa serta badan usaha milik desa.

"Kami meyakini pembangunan ekonomi kesejahteraan harus dimulai dari tingkat desa. Sehingga masyarakat di desa menjadi sejahtera karena bertumbuh perekonomiannya," kata dia.

Baca juga: Total 1.132.717 Surat Suara Dipersiapkan untuk Pilkada Kabupaten Serang 2020

Sementara itu, calon Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan sudah mengelola potensi SDA yang ada di Kabupaten Serang.

Dia mencontohkan, wilayah Kabupaten Serang Bagian Utara sudah dikembangkan budidaya rumput laut.

Sedangkan, untuk wilayah Kabupaten Serang Bagian Selatan pihaknya telah memajukan sektor perkebunan buah melinjau di Gunung Sari dan Mencak.

"Di sana kami buat UMKM emping dan mereka sudah bisa ekspor. Jadi banyak sekali potensi yang ada di kabupaten Serang sudah dikembangkan," tambahnya.

Baca juga: Cabup Serang Ratu Tatu dan Nasrul Ulum Andalkan Program Jaminan Kesehatan yang Sudah Ada di Debat

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved