Breaking News:

Pilkada Kabupaten Serang

Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi, Surat Suara Pilkada Serang ke Pulau Dikirim dengan Helikopter

Masudi mengatakan, untuk antisipasi hujan, pihaknya akan melakukan upaya menutup surat suara dengan menggunakan terpal dan plastik.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Abdul Qodir
istimewa
Surat suara Pilkada Kabupaten Serang 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pengiriman surat suara untuk Pilkada Kabupaten Serang untuk daerah terluar atau pulau akan dikirimkan melalui jalur udara dan laut.

Komisioner KPU Provinsi Banten, Masudi mengatakan pelaksanaan pengiriman surat suara akan dilakukan menggunakan helikopter milik Polri-TNI untuk sampai di tiga Pulau yang berada di Kabupaten Serang.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, karena melihat cuaca ekstrem yang sering terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

"Tetapi kita sudah ingatkan masing-masing KPU kabupaten/kota untuk berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI untuk menggunakan helikopter dalam pengiriman surat suara atau menggunakan kapal milik angkatan laut," ujarnya saat dihubungi, Selasa (8/12/2020).

Untuk tiga pulau yang akan dikirimkan surat suara di Kabupaten Serang adalah Pulau Sangiang, Tunda dan Panjang.

Menurutnya, tantangan yang saat ini dihadapi oleh penyelanggara saat melakukan pengiriman logistik surat suara adalah curah hujan dan gelombang tinggi yang terjadi di perairan Selat Sunda.

Masudi mengatakan, untuk antisipasi hujan, pihaknya akan melakukan upaya menutup surat suara dengan menggunakan terpal dan plastik.

Akan tetapi untuk antisipasi gelombang tinggi, pihaknya kesulitan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Untuk surat suara yang mengalami kerusakan, nantinya akan dilakukan pengecekan dan penghitungan jumlah surat suara yang masih bisa dipakai atau digunakan.

Hingga saat ini, belum ada kerusakan surat suara akibat banjir yang terjadi di beberapa wilayah yang ada.

"Surat suara cadangan itu biasa digunakan untuk salah coblos, rusak, tetapi apabila terjadi kerusakan dikarenakan banjir maka bisa digunakan surat suara nya. Dan itu tidak banyak juga," katanya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved