Breaking News:

Pilkada Tangerang Selatan

Hasil Survei Pilkada Tangsel 2020, Petahana Sulit Dikalahkan Oleh Anak Wapres dan Keponakan Menteri

Lembaga Survei Indo Barometer yang memprediksi pasangan calon Siti Nur Azizah-Ruhamaben akan sulit untuk mengalahkan sang petahana,Benyamin-Pilar

Editor: Yudhi Maulana A
ANTARA/MUHAMMAD IQBAL - KOMPAS.com/TRIA SUTRISNA
Tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan yang akan berkompetisi pada Pilkada 2020, Muhammad-Rahayu Saraswati (kiri), Siti Nur Azizah-Ruhamaben (tengah) dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan. 

TRIBUNJAKARTA.COM -Pencoblosan Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 akan digelar besok, 9 Desember 2020.

Sebelum hari pencoblosan datang, berbagai lembaga survei melakukan survei elektabilitas terhadap 3 pasangan calon di Pilkada Tangsel 2020 ini.

Seperti yang dilakukan Lembaga Survei Indo Barometer yang memprediksi pasangan calon Siti Nur Azizah-Ruhamaben akan sulit untuk mengalahkan sang petahana,Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari berdasarkan hasil survei pada 20 hingga 25 November 2020.

"Dari hasil surveinya ada potensi kejutan di mana tokoh lokal mengalahkan tokoh nasional anaknya Pak Wapres bisa keok," kata Qodari dalam konferensi persnya, Senin (7/12/2020) dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Petugas Susah Payah Distribusikan Kotak Suara Pilkada Kabupaten Serang di Desa

Baca juga: 3 Keluarga Elit Politik Bertarung di Pilkada Tangsel, Ponakan Menteri Hingga Putri Wapres Bersaing

Tak hanya Azizah-Ruhamahben, pasangan Muhammad dan Rahayu Saraswati yang merupakan keponakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga diprediksi kalah dari Benyamin-Ichsan.

Hal itu, kata Qodari, terlihat persentase elektabilitas Benyamin Davnie-Ichsan 34,0 persen.

Sementara Muhamad-Rahayu 20,8 persen dan Siti Nurazizah-Ruhamaben 10,5 persen.

"Makanya kemarin, mungkin peristiwa Edhy Prabowo dianggap merugikan dari sisi politik. Ternyata benur, benih lobster bisa menghasilkan tsunami politik lokal," ujar dia.

Baca juga: Debat Pilkada Tangsel, Azizah-Ruhamaben Janji Bangun Pelayanan Publik Berbasis IT, Bukan Seolah-olah

Baca juga: Ratusan Petugas KPPS Pilkada Tangsel Jalani Rapid Test, Tapi Banyak yang Pilih Tes Mandiri

Adapun survei Indo barometer dilakukan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kuesioner.

Jumlah responden di kota Tangerang Selatan 400 responden, tingkat kesalahan atau margin of error kurang lebih 4,9 persen.

Tingkat kepercayaan 95 persen, metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Survei dibiayai sendiri oleh Indo Barometer sebagai partisipasi publik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pilkada Tangsel, Anak Ma'ruf Amin dan Keponakan Prabowo Diprediksi Sulit Kalahkan Petahana"

Penulis : Sania Mashabi

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved