Breaking News:

Pilkada Tangerang Selatan

Hasil PSU Pilkada Tangsel, Benyamin-Pilar Unggul di Tiga TPS, Tingkat Partisipasi Pemilih Turun

KPU telah menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020

Editor: Glery Lazuardi
Tribunbanten.com/Zuhirna Wulan Dilla
Calon Wali Kota dan Wakil Walki Kota Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan disambut sorak-sorai dan yel-yel dari para pendukungnya saat tiba di Posko Pemenangan Ben-Pilar, di Villa Melati Mas, Serpong Utara, Tangsel, Rabu (9/12/2020) sore. Para pendukung merayakan kemenangan Benyamin-Pilar setelah unggul dalam quick count lembaga survei. 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di tiga Tempat Pemungutan Suara ( TPS) Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020, Minggu (13/12/2020) kemarin.

Tiga TPS yang melaksanakan PSU, yakni TPS 15 Kelurahan Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, TPS 30 Kelurahan Rengas, dan TPS 49 Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur.

Para petugas TPS tersebut menyatakan bahwa proses pemungutan suara untuk kedua kalinya pada perhelatan Pilkada Tangsel 2020 ini berjalan dengan lancar.

Baca juga: Real Count Pilkada Tangerang Selatan: Benyamin-Pilar Unggul 40,8 Persen, Data Masuk 67,60 Persen

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Pamulang Herry Setiawan menyatakan bahwa tidak ada kendala selama pencoblosan ulang hingga penghitungan suara.

"Selama proses pencoblosan berjalan lancar. Jadi tadi ketua KPPS sebelumnya digantikan oleh anggotanya. Dan kami rekrut lagi anggota KPPS baru dan kami SK-kan," ujar Herry kepada Kompas.com, Minggu.

Namun, partipasi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya di tiga TPS tersebut mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan pada Rabu (9/12/2020).

Antusiasme masyarakat menurun Herry mengatakan, jumlah pemilih yang hadir ke TPS 15 Kelurahan Pamulang Timur pada Minggu kemarin hanya 151 orang, dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 369 warga.

"Kemarin yang mencoblos 233, ketika mau dilanjutkan diberhentikan oleh Bawaslu Tangsel. Sekarang tidak sampai segitu, hanya 151 pemilih," ungkapnya.

Baca juga: Cawalkot Benyamin Davnie Terkejut Ketua KPU Tangsel Meninggal: Almarhum Sosok Berdidikasi Tinggi

Hal senada diungkapkan oleh Petugas TPS 30 Kelurahan Rengas dan TPS 49 Kelurahan Ciputat Putih, Kecamatan Pamulang.

Ketua KPPS TPS 30 Kelurahan Rengas, M. Sepenulis menjelaskan, warga yang mencoblos ulang hanya 109 orang dari jumlah DPT sebanyak 211 orang.

"Untuk kendala tidak terlalu signifikan. Artinya tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja animo masyarakat menurun," kata saat dikonfirmasi, Minggu.

Sementara di TPS 49 Kelurahan Cempaka Putih, dari dari 422 pemilih dalam DPT, hanya 209 warga yang mencoblos pada Minggu hari ini.

Perolehan suara hasil pencoblosan ulang Pasangan calon nomor urut tiga Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan perolehan suara tertinggi dalam pencoblosan ulang di tiga TPS Pilkada Tangsel 2020.

M. Sepenulis mengatakan, terdapat 109 suara yang masuk pada pencoblosan Minggu hari ini.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved