Breaking News:

Bawaslu: Pilkada di Empat Kabupaten/Kota di Banten Berlangsung Aman, Tak Ada Penyebaran Virus Corona

Anggota Bawaslu Republik Indonesia, M. Afifudin, mengatakan pelaksanaan Pilkada di empat kabupaten/kota di Banten berjalan aman

Tribun Jogja via Tribunnewswiki
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia, M. Afifudin, mengatakan pelaksanaan Pilkada di empat kabupaten/kota di Banten berjalan aman dan nyaman.

Berdasarkan data yang diterima, dari Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan yang menyelenggarakan Pilkada, belum ditemukan pelanggaran protokol kesehatan coronavirus disease 2019 (Covid-19) saat pemungutan suara 9 Desember 2020.

"Pelaksanaan pada hari H masih tetap terjaga dan aman. Setelah itu, kami tidak tahu apakah ada yang terpapar Covid-19 atau tidak," kata dia, saat memantau proses rekapitulasi penghitungan suara di Pilkada Kota Cilegon, Kantor KPU Kota Cilegon, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Ada 4 Paslon Bertarung, Bawaslu RI Sebut Pilkada Cilegon Masuk Indikator Kerawanan

Pihaknya hanya menerima informasi ada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang reaktif Covid-19 sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

Setelah diketahui terdapat petugas yang terpapar Covid-19, pihaknya bersama dengan KPU langsung mengganti petugas tersebut.

Untuk di Banten sendiri, ia mengatakan terdapat beberapa wilayah yang petugasnya diganti karena terpapar Covid-19, salah satunya di Kabupaten Serang.

Selain itu, terdapat satu penyelanggara Pilkada yang di Banten meninggal akibat Covid-19..

"Kami antisipasi, maksudnya ada Ketua KPU di Tangerang Selatan yang kemarin meninggal, tetapi kami harap tidak ada hal yang sama terulang di Banten," tambahnya.

Baca juga: Bawaslu Banten Tangani Laporan Pelanggaran Pilkada Sesuai Prosedur, Berikut Mekanismenya

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved