Breaking News:

Banten tak Berlakukan Rapid Test Antigen untuk Penumpang Kapal di Pelabuhan Merak

Menurut Tri, kebijakan kewajiban menyertakan surat hasil rapid test antigen dari pemerintah pusat ditujukan untuk perjalanan jarak jauh seperti ke Bal

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Abdul Qodir
Tribunbanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Antrean dan kepadatan kendaraan yang akan memasuki kapal di Pelabuhan Merak Cilegon bersamaan libur panjang, mulai terjadi sejak Selasa (27/10/2020) malam. 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, MERAK - Pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menginstruksikan kebijakan wajib rapid test antigen untuk perjalanan orang keluar kota di daerah-daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Adapun daerah-daerah yang digarisbawahi memiliki peningkatan penyebaran wabah Covid-19 adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta.

Kebijakan itu disambut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan mengeluarkan kebijakan penumpang kendaraan umum yang keluar masuk Ibu Kota wajib menyertakan hasil tes antigen untuk antisipasi penyebaran Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru.

Kebijakan berbeda diambil oleh Pemerintah Provinsi Banten.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Tri Nurtopo mengatakan pihaknya mengizinkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik libur Natal dan Tahun Baru tanpa menyertakan surat hasil rapid test antigen.

Hal itu berlaku bagi penumpang pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak.

Menurut Tri, kebijakan kewajiban menyertakan surat hasil rapid test antigen dari pemerintah pusat ditujukan untuk perjalanan jarak jauh seperti ke Bali dan beberapa daerah lain.

"Sesuai rapat kemarin, yang wajib PCR untuk penerbangan ke bali dan non bali (rapid test antigen), kereta api jarak jarak jauh antigen, angkutan laut tidak ada," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (19/12/2020).

Baca juga: Berlaku Hingga 8 Januari 2021, Berikut Tarif Rapid Test, Swab Antigen, dan PCR di Bandara Soetta

Baca juga: Rapid Test Antigen, Syarat Masuk-Keluar Jakarta, Berikut Daftar Rumah Sakit dan Harga Pemeriksaan

Ilustrasi rapid test antigen
Ilustrasi rapid test antigen (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Adapun warga yang menggunakan trasportasi darat dan keluar masuk Banten masih tetap harus menyertakan surat rapid test antigen

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved