Breaking News:

Sampel Tes Swab Covid-19 Menumpuk di Labkesda, Ini Penjelasan Kadinkes Provinsi Banten

Dinas Kesehatan Provinsi Banten membenarkan adanya penumpukan sampel tes swab Covid-19 di gedung Labkesda Provinsi Banten

TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti saat ditemui di Rumah Dinas Gubernur Banten, Rabu (30/12/2020). 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Dinas Kesehatan Provinsi Banten membenarkan adanya penumpukan sampel tes swab Covid-19 di gedung Labkesda Provinsi Banten.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan penumpukan tersebut diakibatkan lonjakan hasil pemeriksaan tes swab yang terus dilakukan setiap harinya kepada masyarakat.

Ia menerangkan, setiap hari, pihaknya melakukan running pemeriksaan tes swab sekitar 1000-1.300 sampel.

Untuk hasil sampel tes swab sendiri dikhususkan di lima Kabupaten/Kota wilayah Banten yakni bagian Utara dan Selatan.

"Dan saat ini memang terjadi penumpukan yang ada di Labkesda provinsi, dan juga Labkesda yang membuka penerimaan rujukan hasil Swab Tes Covid-19," jelasnya saat ditemui di Rumah Dinas Gubernur Banten, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, Rabu (30/12/2020).

Menurutnya, untuk sampel tes swab di wilayah Tangerang Raya, pihaknya menerima sampel untuk diujikan dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Kendati begitu, ia mengatakan penumpukan yang terjadi di Labkesda bukan hanya terjadi di Provinsi Banten melainkan di Kabupaten/Kota yang ada di Banten, dari jumlah total 33 Labkesda yang ada.

"Jadi labotarium kesehatan daerah itu ada 33 di Banten. Dari 33 yang ada 12 Labkesda itu gratis dan sisanya berbayar," tegasnya.

Ia pun meminta kepada masyarakat untuk tetap bersabar dan akan melakukan upaya untuk hasil swab tes dapat segera dikeluarkan tanpa harus menunggu terlalu lama.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved