Breaking News:

Virus Corona

Vaksinasi Covid-19 ke 81,5 Juta Penduduk Indonesia Butuh Waktu 15 Bulan, Januari 2021-Maret 2022

Jubir Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmidzi mengatakan vaksinasi itu dilakukan secara bertahap.

Editor: Agung Yulianto Wibowo
Tribunnews/Irwan Rismawan
Pekerja dengan penjagaan petugas kepolisian melakukan bongkar muat Envirotainer berisi vaksin Covid-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (31/12/2020). Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac kembali tiba di Indonesia yang selanjutnya dibawa ke Bio Farma Bandung untuk dilakukan uji klinis. 

TRIBUNBANTEN.COM - Vaksinasi Covid-19 di Indonesia membutuhkan waktu 15 bulan, dihitung dari Januari 2021 sampai Maret 2022.

Jubir Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmidzi mengatakan vaksinasi itu dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Catat, 4 Hal Ini yang Harus Diketahui Tentang Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Baca juga: Jika Harus Menjadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19, Wali Kota Tangsel Airin: Bismillah Saja

Baca juga: Siap-siap, Vaksinasi Covid-19 Tahap I di Banten Mulai 22 Januari 2021, Tidak Semua Disuntik

Pernyataan ini sekaligus meluruskan kabar vaksinasi Covid-19 di Indonesia membutuhkan waktu 3,5 tahun.

"Secara total kita membutuhkan waktu 15 bulan," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Minggu (3/1/2021).

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 di Indonesia membutuhkan waktu 3,5 tahun.

Menurut Nadia, vaksinasi selama 15 bulan tersebut akan dilakukan secara bertahap kepada 81,5 juta penduduk Indonesia di 34 provinsi. 

Adapun waktu vaksinasi selama 3,5 tahun seperti yang disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beberapa waktu lalu merupakan proyeksi vaksinasi dunia, bukan Indonesia.

Boks yang berisi vaksin Covid-19 diturunkan dari Pesawat Garuda Indonesia yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (6/12/2020).
Boks yang berisi vaksin Covid-19 diturunkan dari Pesawat Garuda Indonesia yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (6/12/2020). (Tangkapan layar Kompas TV)

"Indonesia sendiri seperti  yang sudah ditegaskan bahwa kita akan membutuhkan waktu 15 bulan, seperti yang sudah pernah disampaikan oleh Bapak Menteri Kesehatan pada waktu konferensi pers beliau di Istana sebelumnya," ucapnya.

Nadia mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 akan dilakukan dalam waktu dekat.

Ia berharap dengan segeranya vaksinasi Covid-19 dilakukan maka penanggulangan pandemi dapat berjalan lebih efektif.

"Pada kesempatan kali ini kami kembali menyampaikan bahwa rencana vaksinasi yang mudah-mudahan dapat kita laksanakan dalam waktu dekat merupakan momentum penting dan membawa harapan baru dalam perjalanan panjang kita berupa mengakhiri pandemi Covid-19," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pemerintah Pastikan Vaksinasi Covid-19 Butuh Waktu 15 Bulan, Bukan 3,5 Tahun

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved