Breaking News:

178 Tenaga Kesehatan Puskesmas di Kabupaten Serang Terpapar Covid-19

Jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Serang yang terpapar coronavirus disease 2019 (Covid-19) meningkat.

freepik
Ilustrasi Covid-19 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Serang yang terpapar coronavirus disease 2019 (Covid-19) meningkat.

Sampai saat ini, tercatat ada 178 tenaga kesehatan dari Puskesmas di Kabupaten Serang yang terpapar Covid-19.

"Tenaga kesehatan yang berada di Puskesmas yang ada di seluruh Kabupaten Serang dari jumlah tenaga kesehatan bertotal 800 tenaga kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi, saat dihubungi, Kamis (7/1/2021).

Baca juga: Persiapan Pemberian Vaksin, Dinkes Kabupaten Serang Siapkan 700 Vaksinator dan Disebar di 4 RS

Menurut dia, meningkatnya jumlah tenaga kesehatan terpapar virus itu karena tidak mengikuti protokol kesehatan dan terjadi pelonggaran pasca penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak Agustus 2020.

Sebanyak 178 tenaga kesehatan terpapar Covid-19 dan telah dilakukan upaya penyemprotan disinfektan di area puskesmas dan melakukan isolasi mandiri.

Pengungkapan kasus terbesar tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 kali ini diketahui pasca dilakukan Swab PCR kepada para tenaga medis beberapa waktu yang lalu.

Ia mengatakan, terdapat banyak faktor yang mengakibatkan terjadinya penularan secara besar di tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Serang.

Para tenaga medis tersebut terpapar Covid-19 lantaran terkena dari teman satu profesi nya dan ada pula yang disebabkan cluster keluarga.

Baca juga: Rumah Sakit Drajat Prawiranegara Kabupaten Serang Sudah Tidak Mampu Menampung Pasien Covid-19

Hal ini didukung tidak adanya penerapan PSBB yang secara ketat sehingga menimbulkan kerumunan dan mudahnya para tenaga medis untuk bertemu dengan orang diluar puskesmas.

"Akan tetapi ini diperkirakan lantaran terjadinya pelonggaran PSBB yang membuat para tenaga kesehatan dapat berkumpul dengan orang lain diluar Puskesmas," kata dia.

Ia pun saat ini telah berkoordinasi dengan pihak puskesmas untuk melakukan pembatasan kunjungan kepada keluarga yang ingin berkunjung untuk melihat keluarganya.

Hal itu untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 yang ada di Kabupaten Serang terutama jelang pelaksanaan vaksinasi yang akan dilakukan pada tanggal 14-16 Januari 2021

"Kita telah melakukan koordinasi dan para tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 tersebut telah dilakukan isolasi mandiri di tempat masing-masing," tambahnya.

Baca juga: BREAKING NEWS: 19 Tenaga Kesehatan RSDP Kabupaten Serang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved