Breaking News:

Virus Corona

Dinkes Kota Serang Siapkan 16 Puskemas dan 8 Rumah Sakit Untuk Lokasi Vaksin 15 Januari 2021

Kota Serang mendapatkan hak istimewa dari Gubernur Banten untuk melakukan tahap vaksinasi pertama yang akan dilakukan pada tanggal 15 Januari 2021

TribunBanten.com/Marteen Ronaldo
Sebanyak 3.380 vaksin Sinovac telah tiba di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Selasa (12/1/2021). 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Vaksin Sinovac telah tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Serang yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Serang, Banten, Selasa (12/1/2021).

Sebagai ibukota Provinsi Banten, Kota Serang mendapatkan hak istimewa dari Gubernur Banten untuk melakukan tahap vaksinasi pertama yang akan dilakukan pada tanggal 15 Januari 2021 mendatang.

Untuk itu pihak Dinkes kota Serang telah menyiapkan prasarana dan sarana penunjang untuk pelaksanaan vaksin tahap pertama.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Serang, Hikmat mengatakan sebanyak 33 tempat penyuntikan yang terdiri dari 16 Puskesmas, 8 Rumah Sakit, dan 9 Klinik Swasta yang ada di Kota Serang telah disiapkan oleh pihaknya.

Selain itu setiap tempat penyuntikan akan dilengkapi dengan kulkas (Cold Chin) untuk menyimpan vaksin.

Para petugas vaksin juga telah dilatih, serta membuat tim untuk mengantisipasi adanya gejala paska divaksin atau kejadian ikut paska imunisasi (KIPI). 

"Iya betul (jadi prioritas penerima vaksin), sebab Kota Serang ibu Kota Provinsi Banten. Fasilitas sudah siap, tenaga kesehatan sudah dilatih, ada tim KIPI juga," jelasnya saat ditemui.

Baca juga: Bakal Disuntikkan Vaksin, Tenaga Medis Kota Serang: Takut, Optimistis, Berserah Saja kepada Tuhan

Baca juga: Politisi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning Tolak Divaksin Covid-19, Rela Jual Mobil untuk Bayar Denda

Ia menyampaikan persiapan ini dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Serang.

Tidak lupa, ia turut menyampaikan sosialisasi penyuntikan vaksin akan dilaksanakan setelah Kota Serang mendapat distribusi vasin dari Provinsi Banten.

Sosialisasi ini dilakukan mengingat masih ada masyarakat yang menolak disuntik vaksin dengan berbagai macam alasan.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Tribunbanten.com, Kota Serang mendapatkan jatah dari Pemprov Banten sebanyak 3 ribu dosis.

Jatah ini kata Hikmat, akan diberikan kepada 1.500 orang dengan dua kali penyuntikan.

"Informasi sementaranya seperti itu, nanti kita lihat setelah mendapat distribusi vaksin berapa sebenarnya yang didapatkan untuk Kota Serang," jelasnya.

Bukan hanya tenaga kesehatan, rencananya kepala daerah, kepala dinas, petugas lapangan seperti TNI Polri juga akan mendapat jatah suntik vaksin tahap pertama.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved