Breaking News:

Virus Corona

Tenaga Kesehatan dan Masyarakat Banten Wajib Vaksinasi Covid-19, Gubernur: Ada Sanksi Jika Tidak Mau

Akan ada sanksi nanti kalau ada yang tidak mau divaksin. Sanksi pidana, karena itu juga kan sudah diatur dalam undang-undang dasar

TribunBanten.com/Khairul Maarif
Gubernur Banten didampingi Kapolda Banten, Danrem 064/Maulana Yusuf, dan pejabar lainnya meresmikan vaksinasi Covid-19 perdana di Pendopo Bupati Tangerang, Kamis (14/1/2021). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim mewajibkan semua tenaga kesehatan dan masyarakat di Banten untuk disuntikkan vaksin Covid-19.

Menurutnya, vaksin merupakan alat perang utama saat ini untuk menekan angka penularan Covid-19 di Indonesia, terutama di Banten.

Oleh karena itu, tenaga kesehatan dan masyarakat mau tidak mau harus menjaga imunitas untuk melindungi diri sendiri dan tidak menyebarkan virus corona.

"Akan ada sanksi nanti kalau ada yang tidak mau divaksin. Sanksi pidana, karena itu juga kan sudah diatur dalam undang-undang dasar," ujarnya di Pendopo Bupati Tangerang, Kota Tangerang, Kamis (14/1/2021).

Dia meminta peran masyarakat dan insan lainnya untuk dapat memberi pencerahan kepada masyarakat dan tidak menakut-nakuti dengan mengatakan vaksin akan berdampak buruk.

Wahidin Halim menilai untuk saat ini pelaksanaan vaksin di Banten tidak akan bertentangan dengan nilai-nilai hak asasi manusia (HAM). 

"Tidak ada pelanggaran HAM, mana ada itu. Ini kan dalam posisi pandemi Covid-19, jadi mau tidak mau wajib masyarakat untuk disuntikkan vaksin Covid-19," katanya.

Untuk tahap pertama ini, Pemprov Banten mendapatkan 14.850 dosis dari jumlah keseluruhan mencapai 80 ribu dosis.

Tahap kedua, nantinya akan disalurkan kembali pada akhir Januari dan akan disebarkan di enam kota dan kabupaten di Banten pada awal Februari.

Halaman
12
Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved