Breaking News:

Area Pemakaman Pasien Covid di Tangsel Dipenuhi Sampah APD, Pengelola: Belum Ada Tempat Pembuangan

Area pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, tampak dipenuhi sampah alat pelindung diri (APD).

(KOMPAS.com/Tria Sutrisna)
Sampah Alat Pelindung Diri (APD) berserakan di makam jenazah Covid-19 TPU Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (18/1/2021) 

TRIBUBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN - Area pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, tampak dipenuhi sampah alat pelindung diri (APD).

Seperti dilansir Kompas.com, Senin (18/1/2021), APD mulai dari baju hazmat, masker medis, hingga sarung tangan sekali pakai terlihat berserakan di area pemakaman.

APD tersebut juga terlihat menumpuk di beberapa titik pembakaran sampah yang tidak jauh dari area pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19.

Menanggapi hal itu, Kepala TPU Jombang Tabroni menyebutkan bahwa pihaknya belum memiliki wadah khusus untuk menampung sampah medis.

Kondisi tersebut diakui Tabroni menjadi penyebab banyaknya sampah APD, khususnya baju hazmat karena tidak adanya fasilitas.

"Nah itu kami sudah pengajuan drum untuk bakar sampah di bawah. Tapi sampai hari ini lagi proses mungkin ya. Itu untuk sampah baju APD," ujar Tabroni saat diwawancarai di TPU Jombang, Senin.

Baca juga: Satpol PP Sanksi Sosial Pelanggar Prokes, Diminta Berziarah ke Makam Jenazah Covid-19

Baca juga: Tidak Semua Tenaga Kesehatan di Kota Serang Suntik Vaksin, Baru 129 Orang yang Vaksinasi Covid-19

Tabroni mengaku sudah sejak lama mengajukan wadah khusus untuk menampung sampah medis yang dihasilkan selama proses pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Namun, sampai saat ini, fasilitas tersebut masih belum juga disediakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk TPU Jombang.

"Kami sudah pengajuan ke atasan, mungkin atasan yang lebih berwenang. Kami sudah mengajukan, katanya nanti kami bisa dapat," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sampah APD Berserakan di Blok Makam Khusus Covid-19 TPU Jombang Tangsel"

Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved