Breaking News:

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak Minta Warga Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak meminta kepada warga untuk mengurangi sampah plastik.

handover
Ilustrasi kantong plastik. Mulai 1 Maret 2019, kantong lastik di retail minimarket tak lagi berbayar. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM LEBAK - Pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak meminta kepada warga untuk mengurangi sampah plastik.

Upaya itu dilakukan untuk mendukung upaya ramah lingkungan.

"DLH Kabupaten Lebak sudah memberlakukan bebas kantong pelastik, pemberlakukan ini sudah dilakukan sejak Juni 2020, hanya saja baru diterpakan di retail modern seperti Alfamart, Indomart," ujar Kabid Pengelolaan Sampah Dan Limbah B3 Iwan Sutikno, saat ditemui kepada TribunBanten.com, Senin (18/1/2020).

Baca juga: Warga Pandeglang Tertangkap Basah Nyuri Sepeda Motor KLX di Lebak

Baca juga: Balong Rancalentah, Lokasi Favorit Nongkrong di Lebak Banten

Dia menjelaskan, kebijakan bebas kantong plastik diatur berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

Untuk itu, kata dia, pemberlakuan bebas kantong plastik di toko swalayan, retail dan pasar tradisional dilakukan untuk mendukung upaya ramah lingkungan.

"Namun, masih dilakukan secara berangsur, sambil berjalan karena mengingat dari mereka juga yang masih mempunyai stok pelastik dari pusat karena itu harus dihabiskan, jadi dilakukan secara berangsung akan tetapi tetap kami ingatkan terus," tuturnya.

Pihaknya sudah mulai mengoptimalkan kebijakan itu sejak Januari 2021 ini. Sehingga, nantinya semua retail modern tidak boleh menggunakan kantong pelastik.

Untuk yang melanggar akan diberikan sanksi berupa teguran tertulis sampai tiga kali teguran dan menutup sementara aktivitas retail tersebut.

"Kamipun akan memberikan sanksi jika ketahuan melanggar aturan, sanksi tersebut berupa teguran tertulis sampai tiga kali, dan jika masih membandel akan dilakukan penutupan sementara aktivitas retail tersebut," jelasnya

Dia mengingatkan masyarakat agar membawa kantong belanja sendiri yang ramah lingkungan, agar terciptanya lingkungan yang sehat dan hijau terhidar dari sampah.

Penulis: desi purnamasari
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved