Breaking News:

Pasca Banjir Bandang, Tempat Wisata di Puncak Bogor Mulai Pulih

Kondisi tempat-tempat wisata di Puncak, Bogor yang terdampak banjir bandang, Senin (18/1/2021) sudah mulai pulih kembali.

dok Tagana Kabupaten Bogor
Banjir bandang terjadi di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pagi ini, Senin (18/1/2021) 

TRIBUNBANTEN.COM, BOGOR - Kondisi tempat-tempat wisata di Puncak, Bogor yang terdampak banjir bandang, Senin (18/1/2021) sudah mulai pulih kembali.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Titi Sugiarti.

“Untuk Evergreen Villages sudah selesai permasalahannya sudah clear, kemarin pas dicek tidak ada kerusakan apa-apa. Hanya kerusakan pipa dan sudah diperbaiki mandiri oleh manajemen,” kata Titi pada Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Tercatat Bakal Terima Bantuan Pembiayaan Rp 50 Juta

Baca juga: Tahun Ini, Wisata Batu Quran & Makam Syekh Mansyurudin Direvitalisasi, Islamic Center Dibangun

Terkait pemberishan lumpur bekas banjir bandang, sudah selesai dengan bantuan Pemadam Kebakaran UPT Ciawi dan keadaan pun sudah kembali normal.

“Untuk saluran air dari anak Sungai Cisampay sudah bersih tidak ada sumbatan lagi. Walaupun kondisi debit air di depan pintu masuk front office Evergreen masih terlihat sangat tinggi,” lanjut Titi.

Ia memastikan pihak manajemen hotel akan terus waspada untuk mengantisipasi kondisi saluran tersebut yang merupakan anak aliran sungai dari Kali Cisampay.

Sebelumnya, sebagai dampak dari banjir bandang yang melanda kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, ada lima tempat wisata yang terdampak. Yakni Kampung Batik, Agro Gunung Mas, Kawasan Wisata Perkebunan Agro Gunung Mas, Desa Wisata, dan Evergreen Villages.

Pendistribusian bantuan Terkait pendistribusian bantuan oleh Disbudpar Kabupaten Bogor, Titi mengungkapkan kini telah dilakukan pendistribusian masker tahap awal kepada pihak tempat wisata Gunung Mas.

“Sudah kami distribusikan sebanyak 1.175 masker kain dan donasi awal dari pengumpulan pakaian layak untuk anak-anak khususnya kepada pihak Gunung Mas,” papar Titi.

Selain itu, pihak Disbudpar juga telah datang langsung ke lokasi wisata yang terkena dampak bencana bersama dengan perwakilan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) serta Asosiasi Desa Wisata (Adesta).

“Hari ini juga ada dari unsur Disbudpar lagi yaitu dari Bidang Kemitraan, SDM dan Ekonomi dan Adesta yang akan ke lokasi Desa Wisata yang ada di kawasan Agro Gunung Mas yang juga lokasi desa wisatanya termasuk kampung batik terdampak banjir bandang,” pungkas Titi.

Baca juga: BPBD: Waspada Banjir dan Tanah Longsor di Banten Selatan

Baca juga: Begini Jembatan Talagahiang Cipanas Lebak Sekarang Setelah Hancur Diterjang Banjir Bandang

Lokasi yang akan ditinjau lebih lanjut, termasuk untuk pemberian bantuan, adalah Desa Wisata Tugu Selatan dan Agro Gunung Mas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tempat Wisata di Puncak Mulai Pulih Setelah Diterpa Banjir Bandang"

Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved