Breaking News:

Pilkada Kota Cilegon

Helldy-Sanuji Ditetapkan Jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon Terpilih

Pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Berkarya itu memenangkan Pilkada Kota Cilegon dengan unggul perolehan 75.449 suara

Tribunbanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi menyerahkan Surat Keputusan Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon Terpilih pada Pemilu Tahun 2020 kepada Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta, di Hotel The Royale Krakatau, Kota Cilegon, Sabtu (23/1/2021). 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - KPU Kota Cilegon menetapkan pasangan Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon Terpilih pada Pilkada Kota Cilegon 2020.

Penetapkan Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon terpilih dilakukan dalam rapat pleno KPU Kota Cilegon di Hotel The Royale Krakatau, Kota Cilegon, Sabtu (23/1/2021).

Pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Berkarya itu memenangkan Pilkada Kota Cilegon dengan unggul perolehan 75.449 suara atau 34 persen dari jumlah suara.

Surat keputusan KPU Kota Cilegon tentang penetapan calon terpilih termuat dalam SK KPU Kota Cilegon Nomor 195/HK.03.1-KPT-3672/KPU-KOT-1/2021.

“KPU Kota Cilegon menetapkan pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon nomor urut 4, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta memperoleh suara terbanyak mencapai 75.449 atau 34 persen dari total suara sah," ujar Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi.

Surat tersebut juga diserahkan kepada Helldy Agustian dan Sanuji Pentamerta yang hadir di lokasi.

Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat KPU Kota Cilegon pada 16 Desember 2020 menunjukkan pasangan Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta memperoleh 75.449 suara, Ratu Ati Marliati-Sokhidin 64.815 suara, Ali Mujahidin-Firman Mutakin 47.482 suara, dan Iye Iman Rohiman-Awab mendapat 31.496 suara.

Adapun total suara sah dari Pilkada Kota Cilegon 2020 adalah sebanyak 219.242.

Baca juga: Selamat! KPU Kabupaten Serang Tetapkan Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa Pemenang Pilkada 2020

Baca juga: Keponakan Prabowo Gugat Hasil Pilkada Tangsel ke MK, Tuding Airin Selewengkan Dana

Selain Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon terpilih, sebelumnya KPU Kabupaten Serang juga telah menetapkan Bupati dan Wakil Bupati Serang terpilih, yakni pasangan petahana Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa.

Ratu Tatu Chasanah yang merupakan adik mantan Gubernur Banten, Atut Chosiyah itu berhasil mendapatkan 429.054 suara dalam Pilkada Serang 2020.

Komisioner KPU Provinsi Banten, Masudi mengatakan penetapan kedua kepala derah terpilih tersebut dilakukan karena tidak ada gugatan hasil pilkada dari pasangan calon lainnya ke Mahkamah Konstitusi (MK) hingga batas akhir 20 Januari 2021.

"Nah, dua daerah yang tidak masuk gugatan itu dapat melakukan penetapan karena dalam aturan itu paling lama lima hari (setelah penetapan hasil pilkada)," ujar Masudi.

Dari empat pilkada di Banten, hanya hasil Pilkada Kota Tangerang Selatan dan Pilkada Pandeglang yang digugat oleh pasangan calon ke MK.

"Pada prinsipnya KPU siap dengan pembelaannya, karena kami sudah yakin dengan apa yang telah kami lakukan tidak ada kesalahan, baik dalam prosedur dan hasilnya," kata dia.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved