Breaking News:

Minimarket di Lebak Sudah Tak Sediakan Kantung Plastik

Minimarket di Rangkasbitung, Lebak sudah mengikuti aturan yang dibuat oleh Dinas Lingkungan Hidup Lebak, untuk tidak menyediakan kantung plastik

KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA
Petugas kasir Indomart Jalan Peleburan No.2 Semarang Selatan melayani pembeli dengan tas ramah lingkungan, Jumat (03/01/2020) 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM LEBAK - Beberapa minimarket di Rangkasbitung, Lebak sudah mengikuti aturan yang dibuat oleh Dinas Lingkungan Hidup Lebak, untuk tidak menyediakan kantung plastik.

Aturan tidak menyediakan kantung plastik ini guna mengurangi limbah plastik dari belanja masyarakat.

Diana salah seorang pegawai minimarket di Jalan Muara Ciujung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, mengatakan sudah tidak menyediakan kantong pelastik karena memang mengikuti aturan pemerintah.

"Sudah dari tiga bulan kemarin tidak lagi menyediakan kantong pelastik, karena memang aturan dari pemerintah," ujarnya kepada, TribunBanten.com, Selasa(26/1/2021).

Sebagai gantinya, ia menawarkan kantung berbahan kain yang bisa digunakan berkali-kali oleh pembeli.

"bisa membawa kantong belanja sendiri atau bisa beli kantong belanja yang sudah kami sediakan, untuk harganya mulai dari Rp 4.500 untuk yang bahan kain dan Rp 1.500 untuk berbahan kertas atau kerdus," ujarnya

 Minimarket lainnya yang berada di Jalan Otista Raya dan jalan Muara Ujung, Rangkasbitung, Lebak ini sudah tidak menyediakan kantung plastik.

"Sekarang udah gak menyediakan kantung plastik, jadi buat yang mau belanja bisa bawa kantong belanja sendiri atau bisa beli kantung belanja ramah lingkungan yang sudah kami sediakan," ujara Angga salah seorang pegawai minimarket.

Sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak, memberlakukan bebas kantong pelastik di minimarket, untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai dan agar ramah lingkungan.

Kabid Pengelolaan Sampah Dan Limbah B3 DLH, Iwan Sutikno mengatakan sesuai dengan kebijakan bebas kantung plastik berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

Pemberlakuan bebas kantong plastik di toko swalayan, retail dan pasar tradisional untuk mendukung upaya ramah lingkungan.

"Untuk mendukung upaya ramah lingkungan, DLH kabupaten Lebak sudah memberlakukan bebas kantong pelastik, pemberlakukan ini sudah dilakukan sejak Juni 2020, hanya saja baru diterpakan di retail modern seperti Alfamart, Indomart," ujarnya.

Penulis: desi purnamasari
Editor: Yudhi Maulana A
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved