Breaking News:

Pilkada Tangerang Selatan

Persiapan KPU Kota Tangerang Selatan Hadapi Gugatan Kubu Muhamad-Sara di MK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan mempersiapkan diri menghadapi gugatan perselisihan hasil pilkada Kota Tangerang Selatan 2020.

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Muhamad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dalam Tangkapan gambar debat publik Pilkada Tangsel yang disiarkan langsung KompasTV pada Minggu (22/11/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan mempersiapkan diri menghadapi gugatan perselisihan hasil pilkada Kota Tangerang Selatan 2020.

Hasil Pilkada Tangerang Selatan 2020 termasuk yang digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).
Penggugat atau pemohonnya adalah pasangan calon nomor urut satu, yakni Muhamad- Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Sara).

Baca juga: Sidang Sengketa Hasil Pilkada Tangerang Selatan dan Pandeglang Digelar Jumat 29 Januari

Baca juga: Pelantikan Kepala Daerah Empat Kabupaten/Kota di Banten Tunggu Gugatan Calon di MK Selesai

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel, M Taufik menjelaskan, gugatan dari kubu Muhamad - Sara sudah teregistrasi di MK dan sudah masuk daftar agenda persidangan.

"Pemohon atas nama pasangan calon Muhamad - Rahayu Saraswati atau nomor urut satu. Teregister di MK dengan nomor register 115/PHP.KOT-XIX/2021," kata Taufik kepada Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Dalam dalil gugatannya, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Tangsel dan keponakan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto itu menyebutkan, ada kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif sejak awal tahapan hingga rekapitulasi penghitungan suara.

Sidang pemeriksaan pendahuluan sengketa hasil Pilkada Tangsel 2020 itu dijadwalkan akan digelar mulai Jumat mendatang.

Sidang pendahuluan akan dilakukan secara langsung atau tatap muka di Gedung MK, Jakarta Pusat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, antara lain membatasi kehadiran pemohon dan termohon.

Dari pihak termohon, hanya akan ada dua orang perwakilan yang hadir dalam persidangan, yaitu anggota KPU Tangsel dan kuasa hukum.

"Jadi itu yang sudah teregister dan sudah masuk nanti agenda persidangan. Untuk Tangsel sidang pendahuluan itu pada hari Jumat, 29 Januari 2021 pukul 08.00 di panel satu," kata Taufik.

Saat ini, Taufik menyebutkan bahwa KPU Tangsel mulai mempersiapkan diri untuk melawan gugatan kubu Mamad-Sara di dalam persidangan.

Salah satunya adalah menunjuk kuasa hukum yang akan pendamping KPU Tangsel selama menjalani sidang sengketa hasil Pilkada di MK.

"Tentu yang kami persiapkan adalah pertama kami sudah menunjuk lawyer yang akan mendampingi KPU kota Tangerang Selatan," ungkap Taufik.

Siapkan sanggahan dan alat bukti Menurut Taufik, KPU Tangsel bersama pihak pengacara sudah menyiapkan jawaban dan sejumlah alat bukti yang bakal dibawa dalam persidangan.

Draf jawaban akan berisi kronologi dan daftar alat bukti untuk menjawab atau menyanggah gugatan yang didalilkan pihak Muhamad-Sara.

Baca juga: Rahayu Saraswati Akui Gugat Hasil Rekapitulasi Suara Pilkada Tangsel 2020 ke MK Atas Masukan Relawan

Baca juga: Kalah dari Benyamin-Pilar Versi Quick Count Pilkada Tangsel, Muhamad-Rahayu Tinggalkan Sekretariat

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved