Breaking News:

Pilkada Serentak di Banten

Bantah Pelantikan Ratu Tatu dan Helldy Agustian Diundur, Pemprov Pastikan Mereka Dilantik Rabu Depan

Ia memastikan pelantikan kepala daerah terpilih akan tetap dilaksanakan sesuai waktu, sebagaimana ditentukan oleh masing-masing DPRD.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi pelantikan bupati/wali kota terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik enam pasang bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota periode 2018-2023 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (20/9/2018). Keenam pasang kepala daerah tingkat II yang dilantik itu hasil Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat. 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pemprov Banten membantah kabar pelaksanaan pelantikan Bupati-Wakil Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah - Pandji Tirtayasa dan Wali Kota-Wakil Kota Cilegon terpilih, Helldy Agustian - Sanuji Pentamerta, berpotensi diundur.

Dipastikan pelantikan dua pasangan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 itu dilangsungkan pada 17 Februari 2021.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten, Gunawan Rusminto, saat dihubungi, Selasa (9/2/2021).  

Gunawan mengatakan, surat edaran dari Direkur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri tentang permintaan penugasan sekretaris daerah kabupaten/kota sebagai Pelaksana harian (Plh) kepala daerah dimaksudkan untuk mengantisipasi jika Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang Pelantikan tidak keluar pada saat masa jabatan kepala daerah saa tini berakhir.

"Itu hanya bentuk antisipasi saja. Dan itu merupakan hal yang biasa dan sering dilakukan oleh Mendagri lakukan kepada Gubernur manapun," ujar Gunawan.

Ia memastikan pelantikan kepala daerah terpilih akan tetap dilaksanakan sesuai waktu, sebagaimana ditentukan oleh masing-masing DPRD.

Ia pun menegaskan sampai saat ini belum ada surat yang menyatakan pelaksanaan pelantikan akan ditunda sebelum masa akhir jabatan selesai.

"Sampai saat ini masih belum ada dan kami juga belum menerima keputusan resmi dari Mendagri. Apabila memang pada waktu yang ditentukan belum ada SK yang dikeluarkan atau penundaan, maka kami akan bersurat kepada pemerintah daerah untuk menunjuk Eselon II Provinsi Banten sebagai Pj ," jelasnya.

Bakal calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Serang, Ratu Tatu dan Pandji Tirtayasa
Bakal calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Serang, Ratu Tatu dan Pandji Tirtayasa (TRIBUNNERS/(Martin Ronaldo Pakpahan))

Sementara itu, Wakil Walikota Cilegon terpilih, Sanuji Pentamerta pun ikut membantah adanya penundaan pelantikan kepala daerah yang ada di Banten.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved