Breaking News:

KABAR GEMBIRA, Mulai Bulan Depan, PPnBM Mobil jadi 0%, Ini Daftar Tarifnya

Airlangga mengatakan, pemberian insentif tersebut selama sembilan bulan yang berlangsung dalam tiga tahap. Setiap tahap berlaku tiga bulan.

Editor: Abdul Qodir
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Suasana pameran otomotif di BCA Expoversary 2020 dio ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/2/2020). Pameran dalam rangka memperingati HUT ke-63 BCA digelar serentak di tiga kota Jakarta, Surabaya, Makassar. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah akan merealisasikan pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor. Mulai Maret 2021 bulan depan, PPnBM mobil menjadi 0%.

Tujuannya, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif yang terdampak pandemi Covid-19 paling besar.  

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Hal ini sekaligus menyetujui usulan yang diajukan Kementerian Perindustrian terkait relaksasi PPnBM kendaraan bermotor secara bertahap selama 2021.

Airlangga mengatakan, pemberian insentif tersebut selama sembilan bulan yang berlangsung dalam tiga tahap. Setiap tahap berlaku tiga bulan. 

Skenarionya pembebasan PPnBM pada tahap pertama, Maret-Mei.

Kemudian, tahap kedua, Juni-Agustus, pemberian diskon PPnBM sebesar 50%.

Lalu, diskon PPnBM 25% pada tahap ketiga, September-November.

"Besaran insentif ini akan dilakukan evaluasi setiap 3 bulan. Instrumen kebijakan akan menggunakan PPnBM DTP (ditanggung pemerintah) melalui revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yang ditargetkan akan mulai diberlakukan pada 1 Maret 2021," kata Airlangga dalam keterangan resmi, Kamis (11/2/2021).

Lalu, berapa tarif PPnBM untuk kendaraan bermotor?

Cek Daftar Harga Mobil Bekas Bulan Februari 2021, Audi Hingga Terios di Bawah Rp 100 Jutaan

Daftar 25 Mobil Dinas yang Dilelang Berikut Harga, Syarat, dan Cara Mengikuti Lelang

Mobil Mitsubishi Xpander Cross ditampilkan saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (12/11/2019). Mobil Xpander Cross tersebut menjadi varian tertinggi dari Xpander yang ada saat ini, dengan memadukan MPV dan ketangguhan dari SUV, dan dibanderol mulai Rp 267,7 juta untuk varian termurahnya yakni Xpander Cross bertransmisi manual (M/T).
Mobil Mitsubishi Xpander Cross ditampilkan saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (12/11/2019). Mobil Xpander Cross tersebut menjadi varian tertinggi dari Xpander yang ada saat ini, dengan memadukan MPV dan ketangguhan dari SUV, dan dibanderol mulai Rp 267,7 juta untuk varian termurahnya yakni Xpander Cross bertransmisi manual (M/T). (Warta Kota/Alex Suban)

Tarifnya tertuang dalam PMK Nomor 33/PMK.010/2017 tentang Jenis Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah dan Tata Cara Pemberian Pembebasan dari Pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved