Breaking News:

Masih Pandemi, Pertukaran Pemuda Antar-Negara di Kabupaten Serang Ditiadakan

Seleksi ini dilakukan untuk menyeleksi pemuda pemudi terbaik yang nantinya akan dijadikan sebagai representasi untuk mempromosikan daerahnya

Instagram @aiyep2020
Peserta Pertukaran Pemuda Antar-Negara (PPAN) asal Indonesia 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Wijanarko

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang meniadakan penyelenggaraan seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) di tingkat Kabupaten Serang pada tahun 2021.

Kepala Seksi Kepemudaan Disporapar Kabupaten Serang, Elan Ruslan menuturkan keputusan ini diambil mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.

 
"Kami sudah melaksanakan seleksi di tahun 2020. Jadi, kita sudah punya perwakilan untuk dikirimkan ke tingkat provinsi untuk tahun 2021," ujar Elan di kantor Dispora Kabupaten, Senin (15/2/2021).

 
Elan Ruslan menuturkan seleksi PPAN, KPN dan JPI di tingkat Provinsi Banten rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Namun, even itu tidak dapat dilaksanakan pada tahun 2021 mengingat masih adanya pandemi Covid-19

 
"Biasanya untuk seleksi PPAN di bulan Maret, untuk KPN di bulan Juni, dan untuk JPI di bulan Oktober," ujar Kasi Kepemudaan ini.

Baca juga: Komunitas Sepeda Tua Banten, Gerakan Pelestarian dan Hidupkan Budaya Bersepeda untuk Wisata Olahraga

Baca juga: Program KIP Mahasiswa 2021 Sudah Dibuka, Berikut Persyaratan untuk Cairkan Dananya

Menurut Ruslan, belum ada informasi lebih lanjut dari Dispora Provinsi Banten tentang apakah seleksi tahun ini tetap dilaksanakan atau tidak.

 
"Tahun ini kita belum pasti, kita nunggu informasi dari pusat terkait ada atau tidaknya. Tapi yang jelas kita sudah punya perwakilan," ujarnya.

Uswatunnisa, alumni PPAN program AISEP Tahun 2016 menyayangkan hal tersebut.

 
"Padahal, dalam seleksi itu bisa menjadi kesempatan bagi pemuda pemudi Kabupaten Serang untuk meningkatkan kompetensinya di tingkat nasional maupun internasional. Juga sebetulnya seleksi ini bisa dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Serang," ujar Uswatunnisa saat dikonfirmasi.

 
"Mungkin pemerintah punya alasan urgent terkait ditiadakannya seleksi PPAN, JPI dan KPN, salah satunya untuk penanganan pandemi Covid-19," terang alumni PPAN Perwakilan Kabupaten Serang ini.

Baca juga: Indahnya Danau Tasikardi Serang, Peninggalan Sultan Banten untuk Ibunda

Baca juga: Mengenal Masjid Kapal Bosok, Destinasi Wisata Religi Serang Banten, Saksi Perjuangan Ki Angga Derpa

Perlu diketahui, PPAN, JPI dan KPN adalah serangkaian kegiatan kepemudaan yang biasanya rutin diselenggarakan satu tahun sekali oleh Dinas Kepemudaan baik di tingkat daerah maupun di tingkat provinsi.

  
Seleksi ini dilakukan untuk menyeleksi pemuda pemudi terbaik yang nantinya akan dijadikan sebagai representasi untuk mempromosikan daerahnya masing-masing di tingkat nasional dan internasional.

 

Penulis: Wijanarko
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved