Breaking News:

Pilkada Kabupaten Pandeglang

MK Tolak Gugatan Thoni-Imat Karena Terlambat Mengajukan, Irna-Tanto Tetap Pemenang

Gugatan paslon calon kepala daerah itu ditolak karena pengajuan permohonan gugatan melebihi batas waktu alias terlambat.

Penulis: Abdul Qodir | Editor: Abdul Qodir
Dok Humas MK/Ifa
Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams saat membacakan pertimbangan hukum perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah untuk Kabupaten Pandeglang di ruang sidang Gedung MK, Jakarta, Senin (15/2/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Mahkamah Konstitusi (MK) memutus menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP)  Bupati Pandeglang yang diajukan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang Thoni Fathoni Mukson - Imat Miftahul Tamamy.

Gugatan paslon calon kepala daerah itu ditolak karena pengajuan permohonan gugatan melebihi batas waktu alias terlambat.

Dalam sidang putusan yang dipimpin Ketua MK Anwar Usman di Gedung MK Jakarta pada Senin (15/2/2021), MK menyatakan Perkara Nomor 74/PHP.BUP-XIX/2021 yang diajukan pihak tersebut tidak dapat diterima atau ditolak.

“Dalam Pokok Permohonan, menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” ujar Anwar di Ruang Sidang Pleno MK, sebagaimana dikutip TribunBanten.com dari laman resmi MK, Senin (15/2/2021).

Dalam pertimbangan hukumnya, Mahkamah mengatakan pemohon mengajukan permohonan kepada kepaniteraan pada Sabtu, 19 Desember 2020 pukul 00.33 WIB.

Sementara, KPU Kabupaten Pandeglang selaku Termohon telah menetapkan hasil perolehan suara paslon calon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Kabupaten Pandeglang pada Selasa, 15 Desember 2020 pukul 22.29 WIB.  

“Tenggang waktu 3 (tiga) hari kerja sejak Termohon mengumumkan penetapan perolehan hasil suara hasil pemilihan yakni Selasa 15 Desember 2020 hingga Kamis 17 Desember 2020 pukul 24.00 WIB," ucap Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams saat membacakan pertimbangan hukum.

   

"Sehingga, permohonan Pemohon yang diajukan melewati tenggang waktu yang telah ditentukan peraturan perundang-undangan,” sambungnya.

Baca juga: Hakim Panel MK Tegur Kuasa Hukum Thoni-Imat di Sidang Sengketa Pilkada Pandeglang

Baca juga: Thoni-Imat Ajukan Sengketa Hasil Pilkada, Minta Rekapitulasi Suara Ulang di 35 Kecamatan Pandeglang

    

Thoni Fathoni Mukson mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Pandeglang di pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Toni Fathoni Mukson berpasangan dengan Imat Miftahul Tamami Syam.
Thoni Fathoni Mukson mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Pandeglang di pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Toni Fathoni Mukson berpasangan dengan Imat Miftahul Tamami Syam. (TRIBUNBANTEN/RIZKIASDIARMAN)
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved