Breaking News:

Pilkada Kabupaten Pandeglang

Gugatan Thoni-Imat Ditolak MK, Ketua KPU Pandeglang: Sudah Penuhi Rasa Keadilan

Sujai mengaku bersyukur atas adanya putusan MK itu. Putusan itu menandakan tidak ada lagi sengketa hasil Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020.

Ist
Ketua KPU Kabupaten Pandeglang Ahmad Sujai 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - KPU Kabupaten Pandeglang menyatakan menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan gugatan sengketa Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Pandeglang yang diajukan paslon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang Thoni Fathoni Mukson - Imat Miftahul Tamamy.

Ketua KPU Kabupaten Pandeglang Ahmad Sujai menilai putusan MK ini telah memenuhi rasa keadilan semua pihak.

"Saya kira putusan MK ini sudah memenuhi rasa keadilan, sehingga sidang perkara sengketa Pilkada Pandeglang dinyatakan selesai," ujarnya saat dihubungi, Senin (15/2/2021).

Sujai mengaku bersyukur atas adanya putusan MK itu. Putusan itu menandakan tidak ada lagi sengketa hasil Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020.

Putusan itu pun menjadi pijakan KPU Kabupaten Pandeglang untuk melanjutkan rangkaian proses pilkada berikutnya, yakni penetapan paslon terpilih dan pelantikannya.

"Selanjutnya kita akan melakukan proses pelantikan untuk bupati dan wakil bupati terpilih dengan berkoordinasi dengan DPRD setempat," jelasnya.

Baca juga: Hakim Panel MK Tegur Kuasa Hukum Thoni-Imat di Sidang Sengketa Pilkada Pandeglang

Baca juga: Kemenangan Irna Narulita-Tanto W Arban di Pilkada Pandeglang Menurut Hitungan Primbon Jawa

Thoni Fathoni Mukson mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Pandeglang di pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Toni Fathoni Mukson berpasangan dengan Imat Miftahul Tamami Syam.
Thoni Fathoni Mukson mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Pandeglang di pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Toni Fathoni Mukson berpasangan dengan Imat Miftahul Tamami Syam. (TRIBUNBANTEN/RIZKIASDIARMAN)

Diberitakan, KPU Kabupaten Pandeglang telah menetapkan rekapitulasi perolehan suara Calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang pada Selasa, 15 Desember 2020.

Hasilnya, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati petahana Irna Narulita-Tanto Warsono Arban sebagai peraih suara terbanyak dengan 389.367 suara sah. Sementara penantangnya, Thoni Fathoni Mukson-Imat Miftahul Tamamy mendapat 223.220 suara.

Thoni Fathoni Mukson-Imat Miftahul Tamamy menolak hasil tersebut karena menilai ada beberapa dugaan pelanggaran pemilu sehingga mereka mengajukan gugatan ke MK.

Halaman
123
Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved