Breaking News:

Kepala Desa yang Baru Terpilih Kerap Copot Perangkat Desa, Ini Respons DPMD Kabupaten Serang

"Pemberhentian dan pengangkatan, semua kewenangan ada di kepala desa, asal sesuai dengan aturan, itu saja," ujar Sudrajat.

Tribunnews.com
Ilustrasi Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Wijanarko

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Fenomena kepala desa yang baru terpilih mencopot perangkat desa, banyak terjadi. Dan tidak lama lagi Pilkades Serentak bakal digelar di Kabupaten Serang.

  

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Perkembangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Ratna Ningsih menuturkan bahwa sudah ada peraturan yang mengatur perihal tersebut.

"Yaitu Peraturan Gubernur Banten Nomor 10 Tahun 2019 tentang perlengkapan dan pemberhentian perangkat desa," ujar Ratna saat ditemui TribunBanten.com di kantornya, Rabu (17/2/2021).

Menurut Ratna, kepala desa baru terpilih mencopot perangkat desa bukanlah sebuah pelanggaran. Sebab, hal itu menjadi kewenangan seorang kepala desa yang diatur dalam pergub.

"Itu sudah menjadi kewenangan kepala desa. Selama sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada, kita tidak bisa melarangnya. Cuma memang ada prosedur yang harus dijalankan," ujarnya.

  

Baca juga: Profil Gubernur Banten Wahidin Halim, Merintis Karier Politik Mulai dari Kepala Desa, Hobi Olahraga

Baca juga: Terungkap, Dari Proyek Ini Warga Satu Desa di Tuban jadi Kaya Mendadak dan Borong 176 Mobil Baru

Kepala Seksi Perkembangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Ratna Ningsih
Kepala Seksi Perkembangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Ratna Ningsih (Tribunbanten.com/Wijanarko)

Namun, Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Desa DPMD Kabupaten Serang, Sudrajat menegaskan, hal yang tidak diperbolehkan adalah kepala desa memberhtentikan secara sepihak perangkat desa tanpa ada kesalahan atau pelanggaran.

"Pemberhentian dan pengangkatan, semua kewenangan ada di kepala desa, asal sesuai dengan aturan, itu saja," ujar Sudrajat.

Perangkat desa terdiri dari sekretariat desa, pelaksana kewilayahan dan pelaksana teknis yang berkedudukan sebagai unsur pembantu kepala desa.

Baca juga: Update Covid-19 di Banten: Total kasus 32.830, Kabupaten Tangerang Zona Kuning, Yang Lain Oranye

 

Diketahui, Pemkab Serang akan mengelar Pilkades Serentak pada Juli mendatang.

Dari 29 Kecamatan di Kabupaten Serang, ada 144 desa yang akan melangsungkan pilkades.

Saat ini, DPMD Kabupaten Serang baru melakukan tahap persiapan, berupa rapat pembentukan panitia dan penentuan jadwal Pilkades Serentak.

Pada Rabu (17/2/2021) pagi hingga siang, kepala dinas DPMD bersama para kepala bidang dan kepala seksi menggelar rapat pembentukan panitia dan jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak ini.

Penulis: Wijanarko
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved